Pengobatan Penyakit Tumor Otak dengan Gamma Knife

Penyakit Tumor Otak terjadi karena adanya pertumbuhan sel dalam tubuh manusia yang tidak terkontrol. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit ini, namun tidak pernah diketahui secara pasti penyebab seseorang bisa terkena penyakit ini. Salah satu cara yang sering di gunakan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan jalan operasi, namun untuk beberapa kasus tertentu operasi tidak dapat di gunakan untuk mengatasinya. Biasanya terkait pada letak tumor yang berada pada bagian yang sangat berbahaya dan beresiko jika dilakukan operasi pengangkatan. Saat ini, untuk mengatasi penyakit ini mulai banyak yang memilih menggunakan teknologi Gamma Knife. Teknologi ini merupakan teknologi baru di Indonesia dan hanya tersedia di satu rumah sakit, yaitu Siloam Hospitals Lippo.

gamma knife

pic: www.gammaknifeindonesia.com

Teknologi Gamma Knife ini sudah di gunakan untuk menangani berbagai masalah kelainan otak akibat tumor sejak tahun 1967 oleh Prof. Kars Leksell di institut Karolinska Stockholm, Swedia. Teknologi ini bekerja dengan menggunakan ratusan sinar radiasi yang hanya di fokuskan pada jaringan abnormal dengan tujuan merusak jaringan tersebut. Pada teknologi ini, sel atau jaringan sekitar tumor yang masih sehat tidak akan rusak akibat sinar radiasi, berbeda dengan kemotherapy yang tidak hanya merusak jaringan abnormal saja tapi juga merusak jaringan yang sehat dan di butuhkan dalam tubuh. Selain itu, keunggulan dari teknologi ini adalah tidak diperlukan pembedahan otak dan pembukaan tempurung kepala.

Agar memperoleh hasil yang sempurna, perlu dilakukan berbagai teknologi pencitraan, seperti MRI, MCTS, AVM dan CT-Scan. Dengan MRI akan di dapatkan lokasi, ukuran serta bentuk dari target yang akan ditembakkan sinar gamma. Setelah dilakukan pencitraan, maka akan dihitung secara akurat perencanaan terapi dari hasil pencitraan. Pada saat proses terapi, kepala pasien akan di pasangkan bingkai kepala khusus untuk menentukan target utama penembakan sinar. Setelah proses terapi selesai maka bingkai kepala akan dilepaskan dan pasien akan di antar kembali ke ruangan. Namun tidak semua kasus tumor otak dapat di tangani dengan teknologi ini, jenis sel kanker yang yang tidak sensitif dengan radiasi sehingga tidak dapat diatasi dengan teknologi ini.

Pengobatan penyakit tumor otak dengan Gamma Knife ini bisa digunakan untuk mengobati tumor otak primer dan sekunder. Selain untuk tumor otak, pergobatan ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit syaraf otak.

Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0