Penyebab dan Mengatasi Kebocoran Knalpot

Knalpot merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki oleh setiap kendaraan, baik kendaraan dengan tipe SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport, ataupun tipe city car. Komponen ini pula, yang paling sering dimodifikasi oleh para pemilik kendaraan, dengan tujuan memperkeren tampilan dan suara yang dihasilkan oleh mobilnya. Namun sayangnya, masalah yang terdapat pada knalpot justru dapat berdampak sebaliknya, bukannya mobil kita menjadi keren, tapi dampak kebocoran knalpot mobil akan mengakibatkan mobil mengeluarkan bersuara bising dan tidak nyaman saat dikendarai.

knalpot mobil bocorMasalah yang paling sering terjadi pada knalpot, yaitu masalah kebocoran. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah ini menyerang knalpot mobil kita. Berikut ini, adalah beberapa diantaranya dan cara mengatasinya:

  • Usia kendaraan

Ingatlah bahwa setiap komponen pasti memiliki batas usia pakai. Jika mobil yang sudah kita gunakan sudah terlalu tua, biasanya beberapa komponen akan membutuhkan penggantian, termasuk knalpot. Karena itulah, jika kita merasa kinerja mesin mulai berkurang atau terdengar suara aneh dari area knalpot, lebih baik segera periksakan kondisi knalpot ke bengkel. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan saat sedang dalam perjalanan, yang akan membuat kita kerepotan nantinya.

  • Salah modifikasi

Modifikasi knalpot agar terlihat lebih keren sih boleh saja, tetapi jangan asal saat melakukan modifikasi ini. Karena, cara yang salah dapat membuat knalpot tiak berfungsi sempurna, bersuara bising, dan bahkan mengakibatkan kebocoran. Karena itulah, saat ingin melakukan modifikasi pada komponen ini, pastikan bahwa orang yang mengerjakannya sudah profesional, dan akan bertanggungjawa jika suatu saat timbul masalah.

  • Kondisi sekitar

Sering terkena banjir atau mobil yang berada diarea dengan kandungan garam dalam udara cukup tinggi, akan dapat menjadi penyebab mudahnya knalpot mengalami karat. Jika sudah begini, kita bisa mengatasinya dengan cara me-las ulang asalkan kondisinya belum terlalu parah. Selain itu, jangan pernah menunda untuk mencuci bersih seluruh sisi mobil jika mobil baru saja terkena genangan banjir, khususnya jika banjir terjadi diarea dekat laut yang memungkinkan air banjir tersebut mengandung kadar garam tinggi.

  • Kesalahan pencucian

Banyak orang yang tidak betah melihat mobilnya terlihat kotor, sehingga secara rutin mencuci mobilnya sendiri di Rumah. Namun, mencuci sendiri di Rumah tentulah akan berbeda dengan mencuci di tempat pencucian mobil yang memiliki hidrolik. Saat mencuci di Rumah, biasanya hanya terfokus pada membersihkan body mobil dan ban saja. Sementara, dengan hidrolik ini, seluruh sisi mobil akan dapat dibersihkan dengan mudah, baik bagian atas, sisi samping, hingga bagian bawah. Ditambah lagi, pompa air yang digunakan berkekuatan tinggi, sehingga proses pencucian akan lebih bersih dibandingkan dengan mencuci sendiri di Rumah. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0