Penyebab dan Pencegahan agar Tifus Tidak Menular

Tahukah Anda penyebab tifus dan pencegahannya? Tifus merupakan salah satu penyakit menular, yang artinya satu keluarga bisa mengalami masalah yang sama bila salah satunya terjangkit penyakit tersebut. Orang yang terserang tifus biasanya ditandai dengan demam di malam harinya, dan keesokan harinya akan mereda. Namun di hari berikutnya, demam akan terjadi lagi dan akan lebih parah.

Ketika tifus terjadi, penderitanya hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak. Karena tifus sendiri terjadi akibat peradangan di bagian usus. Penderitanya juga tidak diperbobakteri-tifuslehkan mengkonsumsi makanan yang asam, ataupun pedas. Tentunya agar tidak memperparah kondisi usus.

Lalu Apa Sih Penyebab Penyakit Tifus Ini?

Dikatakan tifus karena usus di dalam tubuh mengalami iritasi dan meradang. Kondisi semacam ini bisa berdampak buruk pada kesehatan. Penyebabnya adalah bakteri salmonella thypi. Bakteri ini bisa masuk sesuka hati melalui makanan yang Anda konsumsi.

Tentunya makanan yang bisa dihinggapi bakteri adalah makanan yang kurang higienis. Misalnya tidak dicuci dengan bersih, atau tidak dimasak sampai matang. Maka dari itu, ketika Anda ingin mengkonsumsi makanan, pastikan apa yang Anda konsumsi benar-benar bersih dan matang.

Jangan lupa pula untuk mencuci bersih tangan sebelum makan. Karena bakteri juga bisa masuk melalui tangan yang kotor. Dan masuknya bakteri ke dalam tubuh akan membuat usus bermasalah. Akhirnya terjadi peradangan, dan mengarah pada penyakit tifus.

Parahnya, tifus ini bisa menular. Misalnya melalui air liur, atau bersin. Sehingga bila terjadi kontak dengan penderita, maka kemungkinannya akan terjangkit penyakit yang sama yaitu tifus.

Bagaimana Cara Mencegah Terjadinya Tifus?

Sadar jika tifus adalah penyakit berbahaya dan menular, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Cegahlah sebelum penyakit tifus ini menghampiri seluruh anggota keluarga Anda.

Cara mencegahnya tergolong mudah. Yakni membiasakan diri untuk menjaga kebersihan agar bakteri salmonella thypi tidak bisa memasuki tubuh.

Dan penjagaan kebersihan ini bisa dilakukan dengan selalu membersihkan tangan sebelum mengkonsumsi makanan. Karena selain jijik, tangan kotor kemungkinan besar ditempeli oleh sejumlah bakteri.

Selain menjaga kebersihan tangan, pastikan pula untuk selalu memasak makanan sampai matang. Tujuannya tentu saja agar bakteri yang mungkin menempel bisa mati.

Dan terakhir, tingkatkan daya tahan tubuh dengan rajin olahraga. Kemudian imbangi dengan istirahat yang cukup.

Dengan mengetahui penyebab tifus dan pencegahannya, Anda tidak lagi perlu khawatir lagi jika anggota keluarga akan terjangkiti penyakit menular tersebut.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0