Penyebab Munculnya Jamur Pada Dinding

Salah satu hal yang menyebalkan adalah, ketika kita sudah mendesain rumah dengan seindah mungkin sesuai selera kita, dan semua menjadi berantakan karena munculnya jamur di dinding. Ketika hal ini muncul, banyak orang yang langsung berpikir bahwa ada pipa yang berada di sana bocor. Tapi, kalau harga pipa yang kita beli tidaklah murah, dan rumah baru saja selesai dibangun, masa iya sudah bocor?

Sebenarnya, kebocoran pada pipa yang tertanam dalam dinding hanyalah satu dari beberapa penyebab munculnya jamur pada dinding rumah. Sebab, masih ada beberapa penyebab lainnya, seperti:

  • jamur pada dindingDinding berbatasan langsung dengan lokasi rawan air.

Daerah rawan air yang dimaksud yaitu, kamar mandi dan dinding rumah bagian luar. Misalnya saja, salah satu dinding kamar kita bersisian langsung dengan kamar mandi. Maka, meskipun tidak ada pipa yang bocor sekalipun, kelembaban dinding kamar mandi tersebut akan mempengaruhi dinding kamar. Meskipun mungkin, untuk kasus ini akan sangat dipengaruhi kualitas dinding. Jika kualitasnya cukup baik, maka rembesan ini akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke dinding kamar. Hal ini juga berlaku untuk dinding yang bersisian langsung dengan dinding luar rumah yang sering terkena hujan.

  • Kebocoran

Kebocoran yang akan dibahas ini bukanlah kebocoran yang disebabkan karena adanya pipa yang bocor, melainkan kebicorang dari tempat lain. Misalnya, atap yang mengalami bocor, namun air mengalir ada merembes pada dinding. Terkadang, kita tidak menyadari adanya kebocoran ini karena tidak menetes secara langsung dan jumlah air yang mengalir juga tidak terlalu banyak. Adanya kebocoran baru disadari saat jamur sudah muncul dipermukaan dinding.

  • Kondisi suhu lingkungan

Suhu yang lembab pada lingkungan sekitar dinding juga bisa menjadi penyebab munculny jamur. Kelembaban ini bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya seperti ruangan yang tertutup terlalu rapat sehingga tidak adanya sirkulasi udara, atau karena memang kondisi suhu disekitar sana yang cukup lembab.

  • Kotoran pada dinding

Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis kotoran yang mampu menangkap uap air? Jika kotoran jenis ini menempelpada permukaan dinding, maka jelas saja dinding akan menjadi mudah lembab dan mempercepat timbulnya jamur dipermukaan. Sebab itulah, sebaiknya bersihkan dinding rumah secara berkala.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0