Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi untuk Motor Matic

Dengan kondisi jalan di Jakarta yang semakin hari semakin padat, motor matic pun akhirnya mulai banyak dipilih oleh warga Jakarta. Namun, dengan kondisi yang berat seperti ini artinya kita harus lebih memperhatikan mengenai perawatan motor kita, agar selalu dapat kita gunakan kapanpun kita butuhkan. Mengganti oli motor secara rutin merupakan salah satu perawatan motor yang paling umum dilakukan oleh para pemilik motor. Selain melakukan penggantian oli secara rutin, memilih oli motor yang tepat juga menjadi hal yang sangat penting, misalnya menggunakan Oli Spesialis Dingin untuk motor matic kesayangan kita.

oli transmisi dan mesin maticMengganti oli secara rutin dan memilih oli motor yang tepat sangatlah penting, karena sangat berpengaruh pada performa motor kita saat dikendaraai. Kondisi oli yang sudah tidak baik akan langsung mempengaruhi kinerja mesin dan akan mengganggu kenyamanan saat kita berkendara. Selain itu, jika hal ini dibiarkan terus akan berdampak buruk pada motor kita dan membuat mesin motor kita mudah rusak. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada motor kita.

Tidak seperti pada motor manual yang hanya menggunakan oli mesin, pada motor matic akan menggunakan dua jenis oli. Kedua jenis oli ini memiliki fungsi yang berbeda, dan jangka waktu penggantian yang berbeda pula. Dua jenis oli pada motor matic antara lain:

  • Oli Mesin

Pada motor manual, oli mesin memiliki fungsi ganda yaitu melumasi mesin beserta komponen lainnya dan memberikan pelumas pada sistem transmisi. Namun, pada motor matic, sistem transmisi tidak dilumasi oleh oli mesin. Oli mesin hanya akan melumasi komponen mesin saja. Oli mesin ini umumnya diganti setiap 5.000 km atau bisa juga setiap 3 atau 4 bulan sekali tergantung pada jenis oli yang digunakan (baca buku petunjuk dari dealer).

  • Oli Transmisi / Oli Gear

Oli transmisi hanya digunakan pada kendaraan matic saja, seperti pada motor matic. Oli ini berfungsi untuk melumasi sistem kerja transmisi, agar dapat bekerja dengan baik. Dalam transmisi motor matic, ada banyak sekali komponen yang saling bergesekan, karena itulah mengganti oli ini secara rutin menjadi hal yang sangat penting. Penggantian oli transmisi ini tidak sesering penggantian oli mesin, biasanya sekitar 1 tahun atau setiap 15.000 km (baca buku petunjuk dari dealer). (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0