Perbedaan TV Nasional dengan TV Kabel

Menikmati waktu bersama keluarga tidak harus dengan berjalan-jalan atau berwisata ke suatu tempat. Cukup dengan berkumpul dirumah dan menyaksikan acara televisi bersama-sama juga adalah hiburan yang menyenangkan. Kebutuhan hiburan inilah yang dimanfaatkan oleh provider TV Kabel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk warga karawang yang ingin menikmati fasilitas TV Kabel Karawang. Minat masyarakat akan kehadiran TV Kabel ini dapat terlihat dari jumlah pelanggan yang semakin meningkat walaupun provider TV Kabel juga semakin bertambah jumlahnya.

tv lokal dan tv kabelMeskipun TV Kabel semakin diminati oleh masyarakat, namun TV Nasional tetap memiliki pelanggan yang setia. Baik TV Kabel maupun TV Nasional pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

TV Kabel
TV Kabel ini menawarkan channel yang jauh lebih banyak di bandingkan dengan TV Nasion. Dan umumnya sebagian besar channel yang di tawarkan adalah channel yang berasal dari luar negeri, seperti Cartoon Network, National Geographic dan banyak channel lainnya. Selain itu pada TV Kabel setiap channel sudah disesuaikan dengan kategorinya, misalkan cartoon network hanya menampilkan acara anak-anak, ada juga channel yang khusus menyajikan acara bergenre horor atau misteri dan sebagainya, sehingga lebih mudah mengawasi anak-anak untuk menghindarinya dari beragam acara yang tidak pantas ditontonnya.

Namun TV kabel juga memiliki kekurangan, antara lain jumlah channel yang di berikan bergantung pada harga yang di tawarkan. Semakin banyak channel yang kita pilih maka semakin mahal harga yang harus dibayar. Selain itu beberapa program khusus, seperti piala dunia atau piala eropa tidak dapat kita saksikan jika TV Kabel langganan kita tidak membeli hak siar atas acara tersebut.

TV Nasional
Menggunakan TV Nasional tentu saja lebih hemat dibandingkan dengan TV Kabel, karena kita tidak perlu membayar biaya apapun untuk menonton semua acaranya. Selain itu, biasanya akan selalu ada stasiun tv yang membeli hak siar atas acara-acara khusus, sehingga walaupun terbatas pada pertandingan tertentu (pada piala dunia atau piala eropa) namun kita bisa menyaksikan secara langsung.

Namun TV Nasional juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain yaitu jumlah stasiun televisi yang terbatas dan semuanya merupakan stasiun televisi lokal, sehingga update mengenai berita di luar negeri akan terbatas. Selain itu, satu stasiun televisi dapat menayangkan acara dengan berbagai genre, sehingga sulit membatasi anak-anak dalam menyaksikan acara yang tidak pantas dilihatnya. Selain itu, jumlah iklan yang cukup banyak disetiap acaranya terkadang mengganggu kenikmatan kita menonton. Tapi ini adalah hal yang wajar, karena stasiun televisi mendapatkan keuntungan dari hasil pemasangan iklan, sehingga semakin banyak iklan yang terpasang semakin besar keuntungan yang di dapat. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0