Perhatikan ini Saat Bersepeda MTB di Gunung

Bagi seorang pesepeda yang sudah profesional, menaklukan sebuah gunung yang memiliki meda ekstrim dengan Sepeda MTB favoritnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Semakin lama, tingkat kesulitan trek yang dihadapi akan semakin bertambah dan terus bertambah. Trek yang memiliki tingkat kesulitan medium mungkin tidak akan lagi disentuh oleh pesepeda profesional ini. Alasannya sederhana, karena trek tersebut dianggap tidak memiliki tantangan sama sekali. Karena itulah, mereka bahkan tidak segan-segan untuk mendatangi sebuah lokasi yang terkenal memiliki trek ekstrim, meskipun terkadang lokasinya sangat jauh dari tempat tinggal mereka.

sepeda MTBSayangnya, terkadang karena merasa sudah profesional inilah yang membuat seseorang menjadi kurang memperhatikan beberapa detail penting saat bersepeda. Berikut ini, adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat bersepeda di Gunung:

  • Pilih sepeda yang tepat

Beberapa pesepeda profesional, umumnya memiliki beberapa jenis sepeda yang sering mereka gunakan. Sebaiknya, cari informasi terlebih dahulu bagaimana kondisi medan yang akan kita hadapi. Hal ini penting, karena penggunaan sepeda yang tepat akan memudahkan kita menaklukan tantangan yang akan kita hadapi saat bersepeda.

  • Periksa kondisi sepeda

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kesiapan sepeda terlebih dahulu. Sebaiknya, lakukan pengecekan saat masih berada di rumah, tujuannya agar ketika kita membutuhkan beberapa spare part, kita akan mudah mencarinya. Sementara, jika kita melakukan pengecekan ketika sudah berada di lokasi dan ternyata ada spare part yang dibutuhkan, kita akan bingung harus mencarinya kemana. Namun, kita tetap harus melakukan pengecekan di lokasi sebelum benar-benar bersepeda di dalam pegunungan. Karena, mungkin saja kan sepeda yang awalnya baik-baik saja, ternyata mengalami masalah saat dibawa dalam perjalanan menuju lokasi.

  • Perhatikan setting sepeda

Hati-hatilah dengan setting sepeda, karena setting yang salah tidak hanya membuat kita merasa kurang nyaman saat mengendarai, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan kita. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab kecelakaan seorang pesepeda profesional. Karena merasa sudah ahli dalam mengendarai sepedanya, terkadang merubah setting sepeda tanpa mengetahui efek dari perubahan tersebut. Akibatnya, pengendalian sepeda menjadi berkurang dan kecelakaan pun dapat terjadi. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0