Perlukah Asuransi Kesehatan Anak?

Banyak orangtua yang merasa bahwa memiliki asuransi kesehatan keluarga sudah cukup untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Wajar saja jika berpikir begitu karena dalam paket asuransi ini memang akan menanggung biaya pengobatan suami dan istri serta anak (biasanya dibatasi 3 orang anak). Jika memang seperti itu kenapa perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kesehatan untuk anak secara terpisah ya? Jadi perlu atau tidak sih anak memiliki asuransi kesehatan sendiri?

asuransi kesehatan untuk anakMungkin pertanyaan tersebut sering muncul dalam pikiran Anda, sebagai orangtua yang ingin memberikan perlindungan kesehatan secara maksimal untuk anak. Sebenarnya anak perlu untuk memiliki asuransi kesehatannya sendiri karena beberapa alasan, diantaranya:

  • Asuransi kesehatan keluarga memiliki keterbatasan dalam memberikan pertanggungan. Memang biasanya nominal biaya premi yang akan dibayarkan oleh pemegang polis tidak terlalu besar dibandingkan dengan jika setiap anggota keluarga memiliki polisnya sendiri. Namun hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh pada lebih kecilnya nilai pertanggungan yang akan diterima oleh tertanggung saat mengajukan klaim. Anda bisa meningkatkan nilai pertanggungan sesuai dengan yang diinginkan, namun itu artinya Anda harus membayar biaya premi yang lebih tinggi lagi.
  • Asuransi kesehatan anak bisa dibuat sejak anak masih berusia 15 hari (beberapa perusahaan asuransi), sementara asuransi kesehatan keluarga baru bisa mendaftarkan anak ketika berusia 6 bulan. Padahal usia sebelum 6 bulan merupakan usia rentan dimana daya tahan tubuh anak masih lemah sehingga mudah terserang penyakit. Tanpa adanya asuransi kesehatan, berarti Anda sendiri lah yang harus mempersiapkan uang untuk biaya pengobatannya.
  • Biaya pengobatan anak bisa jauh lebih mahal dari biaya pengobatan untuk orang dewasa. Apalagi ketika anak masih berusia sekitar 1 bulan yang masih membutuhkan perawatan intensif ketika sakit. Jika Anda sedang memiliki cadangan dana, membiayai pengobatan anak tentu bukan masalah. Namun bagi Anda yang memiliki keuangan terbatas, apalagi belum lama dari jangka waktu melahirkan dimana Anda juga mengeluarkan uang yang tidak sedikit, pasti akan membuat Anda pusing mencari sumber dana untuk biaya pengobatan ini.

Dari ketiga alasan di atas, sudah jelas dong betapa pentingnya asuransi kesehatan anak? Setidaknya pada saat anak sakit, Anda sebagai orangtua bisa secara penuh berkonsentrasi mencari pengobatan terbaik untuk penyakit anak tanpa perlu dipusingkan dengan masalah biaya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0