Persiapkan Hal Ini Sebelum Perjalanan Mudik Lebaran

Yeay… sebentar lagi libur lebaran. Wah, waktunya bersiap-siap untuk mudik nih. Yap, tradisi mudik, sebuah tradisi yang mungkin hanya ada di Indonesia dan dilakukan setiap hari raya ini. Kuatnya keinginan para perantau di kota yang ingin bersilaturahmi dengan keluarga dan menghabiskan masa libur lebarannya bersama orangtua di kampung, membuat tradisi ini terus bertahan. Bahkan, meskipun kondisi perjalanan yang semakin berat setiap tahunnya, tetap tidak melunturkan keingin mereka melaksanakan tradisi mudik. Untuk mengantisipasi terjadinya berbagai hal yang tidak diharapkan terjadi saat dalam perjalanan, Asuransi Perjalanan banyak digunakan oleh mereka agar merasa lebih tenang selama perjalanan.

persiapan mudik dengan mobilMemang, perjalanan mudik bukanlah hal yang bisa dianggap mudah. Tidak jarang, ada yang harus menempuh perjalanan hingga beberapa hari untuk mencapai tujuannya. Padahal, jika dalam kondisi normal waktu yang dibutuhkan hanyalah sekitar 12 jam saja. Hmm… bisa dibayangkan beratnya kan? Nah, melihat sulitnya melakukan tradisi ini, tentulah ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Setidaknya, dengan mempersiapkan hal ini sebelum mudik diharapkan dapat melancarkan perjalananmu nanti:

  • Kamu harus memastikan kondisimu sehat sebelum mudik. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan mentalmu agar tetap tenang dalam menghadapi kondisi perjalanan saat mudik. Ketika kamu merasa senang dan tenang, kamu akan siap meskipun menemui kemacetan panjang sekalipun. Kamu juga tidak akan merasa emosi ketika menemukan hal-hal diluar keinginanmu terjadi dalam perjalanan.
  • Persiapkan kondisi mobil dengan melakukan beragam perbaikan dan penggantian spare part yang dibutuhkan. Kondisi mobil yang sehat sangat berperan penting dalam menghadapi kemacetan di perjalanan. Kebayangkan betapa repotnya, jika kamu sedang bermacet-macet ria dijalan lalu tiba-tiba mobilmu bermasalah. Entah mesin yang tiba-tiba mati, AC yang tidak mau menyala, atau terjadi kebocoran disalah satu komponen. Mau mencari bengkelpun belum tentu akan menemukannya.
  • Persiapkan seluruh barang yang akan kamu bawa, dan masukkan ke dalam mobil sehari atau di malam sebelumnya. Banyak orang yang menganggap kecil masalah packing sebelum bepergian, dan memutuskan untuk melakukan packing dihari keberangkatannya. Tapi tahu nggak sih, kebiasaan seperti ini bisa membuatmu melupakan berbagai hal yang harus kamu bawa loh. Jika memang benda-benda yang akan kamu bawa tersebut sudah tidak digunakan, lebih baik segera masukkan ke dalam mobil. Jadi, pada saat hari keberangkatan kamu hanya perlu mempersiapkan barang yang tersisa saja.

Semoga dengan mengikuti tips yang telah disebutkan perjalanan mudikmu dapat berjalan dengan lancar ya. Selamat menikmati perjalanan. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0