Pilih Short Keyword atau Long Keyword untuk SEO

Ketika mendengar kata search engine mungkin yang pertama terlintas di pikiran kalian adalah Google. Memang saat ini, google masih menjadi search engine yang paling sering digunakan oleh user ketika membutuhkan suatu informasi. Selain Google, sebenarnya masih banyak lagi search engine yang dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi. Memanfaatkan kebiasaan user menggunakan search engine, makan semakin banyak pelaku usaha yang mulai menggunakan search engine untuk memasarkan produk atau jasa mereka, bisa dengan menggunakan AdWords, ataupun berusaha mengoptimalkan website mereka agar tampil di halaman pertama search engine dengan SEO Services Indonesia.

short n long tail keywordSEO atau Search Engine Optimization adalah teknik yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website agar dapat tampil di halaman pertama search engine ketika user mengetikkan suatu keyword di search engine. Ketika seseorang memutuskan untuk melakukan SEO pada websitenya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan keyword yang akan digunakan.

Keyword sendiri adalah sebuah kata atau serangkaian kata yang dibuat untuk memberikan informasi kepada robot search engine tentang isi suatu website atau informasi yang ada pada website tersebut. Keyword yang akan digunakan haruslah disesuaikan dengan isi dalam website tersebut. Jangan menggunakan keyword yang tidak berhubungan dengan isi website hanya dengan tujuan agar website selalu tampil setiap kali user mengetik berbagai keywords. Selain itu tentukan juga target pasar yang akan dituju.

Saat menentukan keyword untuk SEO ini ada 2 jenis keyword yang dapat digunakan oleh pemilik website, yaitu Short Keyword dan Long Keyword. Mengenai kelebihan dan kekurangannya, berikut ini penjelasannya:

• Short Keyword
Sesuai dengan namanya, short keyword ini merupakan keyword yang berukuran pendek, biasanya hanya terdiri dari 1 sampai 2 kata. Keyword ini yang biasanya paling umum digunakan oleh user. Namun, karena memiliki tingkat pencarian yang tinggi, maka keyword jenis ini juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Keyword ini umumnya digunakan untuk website yang bersifat informatif, dan visitor yang didapatkan biasanya cukup banyak namun tidak tertarget. Keyword jenis ini cukup sulit untuk di optimasi.

• Long Keyword
Biasanya terdiri dari 3 kata atau lebih, dan termasuk jarang digunakan oleh user. Tingkat popularitasnya yang rendah membuat keyword jenis ini memiliki tingkat persaingan yang rendah, selain itu visitor yang datang ke website akan lebih tertarget karena mereka memang sedang mencari informasi mengenai website tersebut. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0