Prinsip Dasar Asuransi Syariah

Bagi kita yang mengutamakan prinsip syariah dalam kegiatan perekonomian pastinya akan memilih produk Asuransi Syariah sebagai produk perlindungan asuransi. Asuransi Syariah memiliki prinsip dasar syariah islam dalam hukum prinsip kerjanya. Prinsip asuransi syariah ini yang membedakan dengan jenis asuransi lainnya. Berikut ini beberapa prinsip yang menjadi landasan asuransi syariah.

dasar asuransi syariahKonsep utama dalam asuransi syariah adalah tolong menolong dan tanggung jawab yang dilakukan secara bersama atau dalam bahasa arabnya dikenal dengan istilah “Tafakul” yang memiliki artian saling menolong dalam kelompok.

Akad asuransi syariah berbeda dengan perjanjian atau kontrak dengan jenis asuransi lainnya. Dalam asuransi syariah kesepakatan antara peserta dan perusahaan untuk bersama – sama dalam menolong semua dari masalah dan kesusahan dengan mengumpulkan dana secara bersama – sama.

Peserta asuransi ini memiliki kewajiban untuk membayarkan dana sumbangan atau disebut ‘Tabarru” yang disesuaikan dengan biaya resiko yang telah disepakati. Dana ini nantikan akan digunakan untuk memberikan bantuan kepada peserta yang mengalami masalah atau musibah.

Tujuan dari asuransi syariah adalah untuk saling menolong dalam anggotanya. Oleh karena itu bila ada seorang anggotanya mengalami musibah, kerugian maka anggota tersebut akan mendapatkan dana yang jumlahnya telah disepakati sebelumnya.

Peserta asuransi syariah berhak mendapatkan keuntungan atau dana surplus yang telah disepakati ketika akad dilakukan. Bila terjadi kekurangan dana, maka para peserta ikut menanggung kekurangannya secara bersama – sama dimana besaran dananya disesuaikan dengan proposi masing – masing peserta.

Perusahaan asuransi syariah yang mengelola dana takaful semua pesertanya dipilih melalui kontrak perwakilan atau disebut “Wakalah”. Perusahaan ini dapat memperoleh keuntungan dari management fee dan performance fee bila terdapat keuntungan dari dana yang dikelolanya.

Perusahaan asuransi syariah juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pinjaman modal bila terjadi kerugian. Pengembalian pinjaman ini dilakukan pada tahun berikutnya bila terdapat keuntungan atau surplus. Besar kecilnya modal yang dimiliki perusahaan asuransi syariah ini juga mempengaruhi kepasitas dana dari takaful.

Itulah beberapa prinsip dasar yang menjadi landasan dari asuransi syariah yang dapat menjadi informasi bagi yang sedang mencari produk asuransi syariah yang sesuai dengan ajaran Islam.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0