Puli Bridge – Salah Satu Jembatan Tertinggi di Dunia

China boleh jadi terkenal dengan lanskap Tembok China-nya yang memukau. Namun, di luar Tembok China, negara ini juga terkenal dengan jembatan-jembatannya, lho. Ya, siapa sangka jika China menjadi rumah dari jembatan-jembatan tertinggi di dunia? Salah satunya adalah Puli Bridge, sebuah jembatan yang meraih predikat sebagai jembatan nomor dua tertinggi di dunia setelah Siduhe Bridge di Hubei, China. Tertarik ingin melihat jembatan ini? Yuk, segera book tiket perjalanan dan asuransi perjalananmu!

jembatan-puli-di-chinaPuli Bridge merupakan nama jembatan yang berada di dekat Xuanwei, Qujing, China. Kawasan ini memang terkenal dengan kondisi geografisnya yang dramatis. Sebab, di daerah Qujing ini terdapat sungai yang lebar, jalanan berbukit, dan juga meliuk tajam. Puli Bridge membentang sejauh mata memandang dan jika dilihat dari kejauhan, seolah menembus batas awan saking tingginya. Tinggi jembatan ini mencapai 485 m atau (1.591 kaki) dan menjadi salah satu jembatan paling tinggi di dunia. Lebarnya sekitar 628 meter atau 2.060 kaki dan juga panjang 1.040 m atau 3.410 kaki. Konon, pembangunan jembatan ini memakan dana hingga US$71 juta dan beru selesai setelah lima tahun dibangun.

Puli Bridge menjadi bagian dari G56 Hangzhou-Ruili Expressway antara Liupanshui dan juga Xuanwei. Jalur kereta yang juga melewati aliran Sungai Gexiang ini dibuka pada tahun 2015. Dengan keberadaan jembatan ini, masyarakat lokal patut merasa bersyukur. Mengapa? Sebab, jika dulu perjalanan dari Xuanwei ke Guizhou memakan waktu 4 jam, kini masyarakat bisa menempuh perjalanan menjadi 1 jam saja dengan melewati Puli Bridge. Konon, jembatan ini sengaja dibangun untuk menjadi bagian dari Pembangunan China Barat untuk membuka akses provinsi yang terpencil di bagian barat China.

Kini, setelah Puli Bridge dibuka untuk umum, jembatan ini tidak hanya digunakan sebagai tempat penyeberangan saja, tetapi juga dijadikan sebagai lokasi berfoto bagi anak-anak muda dan juga para turis. Sebab, dari pinggir jembatan ini, pengunjung bisa melihat China dari atas ketinggian dan juga pegunungan hijau yang dramatis.

Tertarik untuk mencoba? Yuk!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0