Punya Banyak Timbunan Buku? Begini Cara Mengatasinya

Tidak bisa disangkal, majunya dunia teknologi justru memundurkan kesadaran membaca kita. Meski statistik menunjukkan bahwa minat baca masyarakat di dunia digital ini masih cukup tinggi, sadar nggak sih jika kita justru lebih sering ‘membaca’ di perangkat elektronik dibanding memegang buku fisik? Yap, thanks to paket internet cepat dan murah yang membuat kita dengan mudah mengakses apa saja dan di mana saja seolah dunia ini tanpa batas. Kemudahan yang sayangnya, jika dipikir lagi, sungguh miris jika harus dibarengi dengan mundurnya minat baca kita.

tumpukan-bukuDulu, dalam satu minggu kamu mampu menghabiskan dua atau tiga buku baru.

Sekarang, satu bulan saja boro-boro satu buku selesai!

Yang ada, timbunan buku kamu semakin tinggi karena setiap bulan selalu membeli buku baru tanpa menyelesaikan buku yang lama. Waduh, bahaya nih! Gimana cara mengatasinya, ya? Simak langkah cerdas di bawah ini.

  1. Biasakan untuk menyimpan buku di dalam tas. Jika kamu tidak bisa meluangkan waktu ketika pulang kerja untuk membaca buku, maka kamu bisa menyediakan waktu di sela-sela aktivitasmu. Toh, kamu tidak sesibuk itu. Masih ada spare waktu yang bisa dimanfaatkan untuk membaca minimal satu halaman. Misalnya ketika menunggu transportasi umum untuk berangkat dan pulang kantor, ketika makan siang, ketika menunggu waktu untuk meeting dengan klien, dan masih banyak lagi. Kamu akan takjub dengan betapa banyaknya waktu luang yang ada di sela kesibukan kita yang selama ini hanya diisi dengan bermain gadget
  2. Pasang target mingguan. Pacu semangat membacamu dengan memasang target realistis yang bisa kamu penuhi selama satu minggu. Misalnya menyelesaikan satu buku, membaca sekitar 200 halaman, dan lain sebagainya. Tentukan target yang sesuai dengan kapasitasmu, ya.
  3. Berhenti membeli buku sebelum menyelesaikan semua buku yang dibeli bulan lalu. Ini dia penyakit yang sering menimpa kita: kebiasaan untuk menimbun buku. Setiap bulannya, ada ratusan buku baru yang terbit dan membuat kamu lapar mata untuk membeli semuanya. Padahal, buku-buku yang kamu beli di bulan lalu masih belum tersentuh. Untuk itu, hentikan deh kebiasaan buruk ini. Biasakan dirimu untuk membeli buku setelah tumpukan buku di rumah sudah diselesaikan.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu mengurangi timbunan buku di rumahmu, ya. Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0