Salah Satu Desa Terindah di Dunia ada di Indonesia

Siapa sangka, ternyata desa terindah di dunia terletak di Ranah Minang, Sumatera Barat, Indonesia. Desa yang lebih dikenal dengan nama “Nagari Pariangan” ini merupakan salah satu desa yang dinobatkan sebagai desa terindah di dunia oleh Travel Budget Amerika Serikat. Desa yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat yang di anut oleh masyarakat Minang, menyuguhkan pemandangan yang begitu indah kepada wisatawan yang mengunjungi Nagari Pariangan. Desa Pariangan sendiri terletak di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Apabila kalian mau melihat pesona alam yang disuguhkan oleh Desa Pariangan, maka kalian bisa menggunakan mobil mitsubishi delica.

desa-parianganNama Desa Pariangan sendiri berasal dari keriangan masyarakat sekitar Tanah Datar yang berhasil menjerat rusa hasil buruan untuk dimakan bersama-sama. Keriangan juga terpancar dari desanya yang menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Saat memasuki Desa Pariangan, kalian akan disuguhkan dengan hamparan kebun jagung yang begitu indah. Dan juga, terdapat hamparan sawah yang menambah keelokan Nagari Pariangan. Di Nagari Pariangan terdapat sebuah pemandian air panas dan dingin yang didirikan di dekat Masjid Ishlah. Tempat pemandian dengan pemisahan antara laki-laki dan perempuan memiliki dua pancuran di setiap biliknya.

Desa Pariangan dianggap sebagai desa yang awal mulanya melahirkan sistem pemerintahan khas masyarakat Minangkabau. Kata “Nagari” yang dipakai di setiap daerah di Ranah Minang lahir di Desa Pariangan. Akan tetapi, hal itu tidak berlangsung lama, dikarenakan sekitar tahun 1981 dikeluarkan undang-undang pemerintahan. UU tersebut mengubah sistem pemerintahan di masyarakat Minang. Sistem pemerintahan yang mengikuti peraturan perundang-undangan, mengganti sistem pemerintahan Nagari menjadi sistem pemerintahan desa. Pergantian sistem ini, membuat masyarakat Minang kehilangan kemandirian dan semangat egalitarianisme yang lama telah dianut oleh masyarakat Minang.

Objek Wisata unggulan dari Desa Pariangan yaitu atraksi Pacu Jawi. Atraksi Pacu Jawi sendiri merupakan atraksi yang melombakan seekor Sapi sambil ditunggangi oleh seorang Joki. Atraksi Pacu Jawi yang ada di Desa Pariangan sudah tersohor hingga ke Mancanegara. Dan juga, terdapat objek wisata lain di Desa Pariangan seperti Batu Sandar di sekitaran Kuburan Datuak Tantejo Gurhano, Istano Basa Pagaruyung, Air Terjun Lembah Anai, Tanjung Mutiara di Danau Singkarak, Panorama Alam Tabek Patah, Puncak Pato, dan Batu Angkek-Angkek.

Gimana? Kalian tertarik mengunjungi desa terindah di dunia? Yuks, langsung saja bikin plan kesana  -Sh-

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0