Tanjung Lesung – Wisata Bahari Paling Memesona di Banten

Tanjung Lesung adalah salah satu kawasan wisata pantai yang terletak di provinsi Banten, yang memiliki pemandangan alam yang sungguh menawan untuk dinikmati di masa liburan tiba. Tanjung Lesung sendiri memiliki luas sekitar 1.500 ha dengan bentukan yang sangat mirip dengan sebuah lesung. Di pantai dengan sejuta pesona ini, terdapat pula keindahan alam berupa hamparan pasir putih yang begitu lembut dan cocok dijadikan sebagai tempat bermain untuk anak-anak. Dengan adanya situs Indonesia tourism go digital, membuat Anda yang ingin mengunjungi pantai Tanjung Lesung ini pun akan semakin dipermudah dengan sarana dan prasana yang ditawarkan.

pantai tanjung lesung BantenTidak hanya dapat melihat hamparan pasir putih, di pantai Tanjung Lesung ini Anda juga dapat melihat tebing yang tidak terlalu curam yang menambah keelokan pantai Tanjung Lesung. Dinamakan sebagai pantai Tanjung Lesung, dikarenakan mengenang seorang gadis yang sangat piawai memainkan lesung dan menjadi seorang pemimpin dalam segi hal bermain lesung dengan nama Sri Poh Haci. Suatu hari, ia jatuh cinta kepada seorang pria pengembara yang berasal dari Pulau Jawa bernama Raden Budog yang terpesona akan kecantikan yang dimilikinya.

Sama-sama saling mencintai, akhirnya kedua sejoli yang dimabuk cinta ini pun memutuskan untuk menikah dan hidup bersama. Lantaran, sang suami sangat menyukai permainan lesung Sri Poh Haci ini, membuat sang suami turut mempelajari permainan lesung hingga lupa waktu. Sang suami yang sangat keras kepala terus memainkan lesung ini termasuk hari jumat yang menjadi larangan untuk bermain lesung. Dikarenakan melanggar larangan yang dibuat, Raden Budog berubah menjadi seekor lutung dan ditinggal pergi oleh sang istri. Dan, disebabkan kampung halaman Sri Poh Haci ini berada di sebuah tanjung, masyarakat yang tinggal di tempat ini memutuskan untuk menamainya dengan Tanjung Lesung.

Meski memiliki kisah yang cukup menggelitik, namun di pantai dengan alam yang memesona ini wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seru yang biasanya ditemukan pula di pantai lainnya seperti bermain banana boat, berenang di pinggiran pantai, melihat matahari terbenam, berjemur di atas pantai pasir putih, mendayung kayak, bermain jetski, paintball, snorkeling, memancing dengan cara tradisional yang dipelajari dari masyarakat setempat, dan sebagainya. Selain itu, di pantai dengan pemandangan alam yang memesona ini, wisatawan juga dapat mempelajari cara bermain lesung yang dulunya pernah dimainkan oleh Sri Poh Haci. Apabila hendak mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat melewati jalan tol Jakarta Merak menuju jalanan Pandeglang dan mengambil tujuan ke Labuan dan akhirnya sampai di pantai Tanjung Lesung.

Melihat keindahan yang disuguhkan oleh pantai Tanjung Lesung ini, apakah kalian tertarik untuk mendatanginya di musim liburan tiba? –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0