Tarian Tradisional Asal Provinsi Jawa Tengah – bagian 1

Siapa sih yang tidak kenal dengan Jawa Tengah? Salah satu provinsi yang terdapat di negara Indonesia ini, ternyata memiliki tarian tradisional yang begitu menakjubkan. Ketika kalian mencoba mencari tarian tradisional asal provinsi Jawa tengah ini melalui internet fiber terbaik untuk bisnis, maka kalian pun akan langsung menemukan beberapa tarian yang sangat indah. Dan, saat kalian bisa secara langsung menyaksikan tarian yang berasal dari provinsi Jawa Tengah ini, tidak menutup kemungkinan kalian pun akan langsung terpesona.

Inilah beberapa tarian asal provinsi Jawa Tengah, yang patut untuk selalu dilestarikan oleh penduduk negara Indonesia. Langsung saja disimak!

tari-bedhaya-ketawang

tari bedhaya ketawang

Tari Bedhaya Ketawang

Tari Bedhayang merupakan salah satu tarian asal provinsi Jawa Tengah, yang memiliki arti penari wanita yang berasal dari istana langit. Tarian tradisional yang satu ini, dipertunjukkan ketika adanya acara resmi saja. Biasanya, tarian tradisional ini ditarikan oleh sembilan orang wanita cantik, yang menggunakan busana pengantin adat Jawa. Adanya sembilan wanita ini melambangkan sembilan Wali Songo. Menurut kepercayaan, apabila ada yang menarikan tarian ini, maka Kanjeng Ratu Kidul atau lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul, akan ikut serta menarikan tarian Bedhaya Ketawang ini.

Tari Jlantur

Tari Jlantur adalah salah satu tarian yang berasal dari daerah Boyolali, Jawa Tengah. Biasanya, penari yang menarikan tarian yang satu ini berjumlah 40 orang, dan semuanya penari laki-laki. Dibuatnya tarian yang satu ini ialah untuk menggambarkan perjuangan pangeran Dipenogoro melawan para penjajah, yang dulunya menjajah negara Indonesia.

Tari Serimpi

Tarian Serimpi berasal dari Kota Yogyakarta. Konon katanya, tarian yang satu ini mengandung nuansa mistis, yang bisa menghipnotis penonton masuk ke dalam alam lain. Tarian yang sangat bagus ini, biasanya ditarikan oleh empat hingga lima orang wanita cantik. Kostum yang dipakai untuk tarian ini adalah kostum yang sering digunakan pengantin keraton. Tarian Serimpi ini terdiri dari beberapa jenis diantaranya Serimpi Babul Layar, Serimpi Bondan, Serimpi Genjung, Serimpi Dhempel, dan Serimpi Anglir Mendung.

Tari Beksan Wireng

Tari Beksan Wireng diciptakan oleh seorang bernama Prabu Amiluhur. Tujuan dibuatnya tarian yang satu ini, tak lain tak bukan untuk menyemangatkan empat orang prajurit yang kala itu sedang berlatih. Hal ini pun terlihat dari gerakan para penari yang gagah perkasa membawa sebuah tameng dan tombak. Dan juga, tarian ini mengandung tema perang.

Segitu dulu ya! Tarian tradisional asal provinsi Jawa Tengah-nya. Nanti, bakalan dilanjutin lagi kok di Tarian Tradisional Asal Provinsi Jawa Tengah bagian 2 –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0