Tarian Tradisional Asal Provinsi Jawa Tengah – bagian 2

Bagi kalian yang masih penasaran banget sama kelanjutan artikel tentang tarian tradisional asal provinsi Jawa Tengah, dan berusaha mencarinya melalui paket internet cepat dan murah. Maka, di bawah ini akan dilanjutkan kembali beberapa tarian tradisional asal provinsi Jawa Tengah tersebut. Yuks, langsung saja disimak ulasannya di bawah ini. check it dot.

Tari Ebeg atau Kuda Lumping

Tari Ebeg atau kuda lumping merupakan salah satu asal provinsi Jawa Tengah, yang saat menarikannya menggunakan sebuah boneka kuda. Saat menarikan tarian yang satu ini, penari hanya perlu melenggak-lenggokkan kuda yang sedang dibawanya mengikuti musik. Namun, syarat untuk bisa menarikan tarian ini adalah para penari harus menyajikan menyan dan sesaji. Dan, ketika menarikan tarian ini, tidak menutup kemungkinan para penari pun kerasukan makhluk halus.

tari-gambyong

tari gambyong

Tari Gambyong

Tari Gambyong berasal dari daerah Surakarta, Jawa Tengah. Dulunya, tarian ini dijadikan sebagai tarian rakyat, yang diadakan pada saat memasuki musim panen. Namun, sekarang tarian yang satu ini hanya diadakan ketika acara sarkral, dan digunakan sebagai penghormatan untuk menyambut para tamu. Jumlah penari yang bisa menarikan tarian ini boleh berapa orang, namun untuk busana yang digunakan haruslah kemben sebahu yang lengkap dengan selendang.

Tari Bondan Payung

Sama dengan Tari Gambyong, tari Bondan Payung juga berasal dari daerah Surakarta. Tarian yang sangat bagus ini, menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anak tercintanya. Ciri khas yang terdapat dari tari Bondan Payung ini adalah dimana para penari membawa sebuah payung, kendi dan, boneka bayi. Pakaian yang digunakan untuk tarian ini ialah pakaian adat Jawa. Seiring berjalannya waktu, tarian Bondan Payung ini dibagi menjadi bagian, dimana terdapat Bondan Tani, Bondan Cindogo, dan Bondan Mardisiwi.

Tari Kethek Ogleng

Tarian Kethek Ogleng sendiri berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah. Asal usul tarian yang satu ini, dimana menceritakan tentang Raden Gunung Sari yang berubah menjadi seekor kera, dan selalu berusaha mengelabui para musuhnya. Oleh sebab itu, para penari yang menarikan tarian ini menggunakan topeng kera, dengan gerakan yang mirip dengan kera.

Demikianlah, beberapa tarian tradisional yang berasal dari provinsi Jawa Tengah. Semoga bermanfaat ya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0