Tidak Semua Motif Batik Indonesia Dikenal di Luar Negeri

Banyak sekali kerajinan dan oleh oleh khas Indonesia yang sudah mendunia. Diantaranya adalah batik. Namun, tahukah Anda jika tidak semua jenis atau motif batik dikenal di dunia? Ternyata, hanya beberapa motif batik yang selama ini digunakan atau diterima oleh orang luar negeri.

Anda boleh bangga karena batik diterima di luar negeri. Sayangnya, tidak banyak motif batik yang dikenal oleh mereka.

Motif Batik Yang Sudah Masuk Pasar Internasional

Motif Batik Sekar JagadDari puluhan motif batik Indonesia, ternyata hanya 5 yang paling diminati oleh orang luar negeri. Yang pertama adalah motif batik Sekar Jagad. Ini merupakan batik dari Solo. Seperti hanya motif batik lainnya yang berasal dari Solo, motif Sekar Jagad lebih banyak warna gelap seperti coklat. Ini menandakan kewibawaan bagi orang yang memakai batik tersebut.

Yang kedua adalah motif batik keraton. Ini berasal dari Jogjakarta. Anda yang pernah atau bahkan sering mengunjungi keraton Jogjakarta pasti tidak familiar dengan batik ini. Pasalnya, batik ini dipakai oleh abdi dalem Keraton Jogjakarta. Dan sekarang, batik ini sudah dipakai oleh orang luar negeri, tak terkecuali para selebritis Hollywood.

Yang ketiga, motif batik Solo. Setiap daerah memiliki beberapa motif batik, tidak hanya satu saja. Dan Solo lebih terkenal dengan batik dengan batik warna coklat. Ini juga yang menjadi warna utama motif batik Solo. Motif batik ini sangat halus dan rapih. Terdapat gelombang yang merupakan representasi dari Sungai Bengawan Solo yang begitu terkenal.

Yang keempat adalah motif batik Kawung. Menurut sejarah, ini merupakan motif batik tertua di Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat modern yang menyukai motif ini, tak terkecuali orang-orang luar negeri.

Yang terakhir adalah motif batik Pekalongan. Motif batik ini dipengaruhi oleh budaya Arab mengingat Pekalongan pada waktu dulu merupakan tempat di mana suadagar dari Arab berlabur.

Meskipun hanya 5 motif yang dikenal oleh orang luar negeri, ternyata secara ekonomi ekspor batik menyumbang devisi negara yang cukup besar. Anda bisa bayangkan jika lebih banyak lagi motif batik yang diterima oleh dunia Internasional. Untuk itu, ayo ikut berkontribusi mengenalkan lebih banyak lagi motif batik ke seluruh dunia.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0