Tips Aman Membeli Barang dari Luar Negeri

Dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini kita bisa dengan mudah melakukan pembelian secara online. Apalagi, dengan adanya jasa pengiriman internasional, belanja online ke luar negeri pun semakin digemari. Beberapa alasan kenapa orang lebih suka membeli barang dari luar negeri adalah karena barangnya yang langka atau tidak ada di dalam negeri dan karena harganya yang biasanya lebih murah.

pengiriman internasionalMeski semakin mudah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya agar pembelian dan pengiriman internasional yang kita lakukan ini aman, terutama untuk yang baru pertama kali melakukannya, di antaranya:

  • Cek apakah toko online tersebut melayani pembelian dan pengiriman ke Indonesia. Karena, tidak semua toko melayani pengiriman barang ke Indonesia, seperti misalnya Amazon yang sempat tidak melayani pengiriman barang ke Indonesia beberapa waktu yang lalu.
  • Cek apakah barang bisa dikirim ke Indonesia. Selanjutnya coba cek apakah barang yang ingin dibeli bisa dikirim ke Indonesia, karena ternyata meski beberapa toko menyediakan pengiriman internasional ke Indonesia, ada beberapa barang yang tidak bisa dikirim ke beberapa negara tertentu karena aturan bea cukai dan hal lainya.
  • Cek apakah toko memiliki kebijakan garansi pengembalian dan kebijakan sejenis lainnya. Ketika membeli online, kita tentu tidak bisa memegang barangnya secara langsung, sehingga kita tidak tahu apakah barang tersebut memiliki cacat dan sebagainya. Karenanya, banyak pemiliki toko online di luar negeri yang memberikan Anda jaminan berupa uang kembali atau pengembalian barang bila terjadi kerusakan pada barang yang dibeli. Dengan begitu, pembeli akan merasa yakin dan tenang saat membeli barang di toko online tersebut. Garansi atau jaminan ini biasanya memiliki batasan waktu, sekitar 30 hingga 60 hari setelah pembelian. Karena pengiriman dari luar negeri biasanya memakan waktu dari 5 hingga 14 hari, maka perhitungkanlah waktu ini untuk berjaga bila ada kemungkinan kita harus mengembalikan atau mengganti barang tersebut.
  • Cek review dan testimonial pelanggan. Bila toko online tersebut bukan perusahaan besar seperti Amazon atau eBay, melainkan perorangan, maka garansi saja tidak cukup. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengecek review atau testimonial dari pelanggan sebelumnya. Penjual atau toko yang baik pastinya memiliki testimoni yang baik dari pembeli sebelumnya. Bila ternyata ditemukan permasalahan dengan pembeli sebelumnya, maka sebaiknya kita mencari toko yang lain.
  • Cek harga barang di pasaran. Salah satu alasan orang membeli barang di luar negeri adalah karena harganya yang lebih murah dibandingkan di dalam negeri. Karenanya, jangan hanya puas mencarinya si satu toko saja, cari juga di toko online lainnya yang siapa tahu menawarkan harga yang lebih murah.
  • Hitung biaya. Jangan lupa hitung biaya pengiriman dan bea cukai yang dikenakan. Jangan sampai meski harga barangnya murah, namun karena dikenakan biaya pengiriman dan bea cukai ini, harganya menjadi lebih mahal daripada harga yang ada di pasaran dalam negeri.

Semoga tips membeli barang dari luar negeri ini bisa membantu belanja internasional jadi lebih mudah ya. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0