Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dalam Seminggu

Mempunyai bentuk tubuh ideal selalu menjadi idaman para pria ataupun wanita. Bagi wanita, kecantikan tidak hanya datang dari menariknya paras wajah, tapi juga dari tubuh yang sehat dan proporsional. Satu diantara sekian banyak masalah yang dihadapi pria maupun wanita terkait dengan penampilan adalah berat badan yang berlebih. Sangat tidak mudah bukan ketika cara berpakaian dibatasi dengan bentuk tubuh yang terlalu besar? Rasa percaya diripun akan turun ketika kita tidak bisa tampil secara maksimal. Banyak cara menurunkan berat badan yang menyenangkan. Anda bisa menyimak tips ampuh pilihan berikut ini.

menurunkan berat badan dengan menyenangkan1.Diet Sehat

Diet adalah solusi paling populer dalam menurunkan berat badan. Tapi, banyak yang melakukan diet dengan cara yang tidak benar. Anda tidak perlu nekat melakukan diet tanpa makan apapun yang akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, diet bisa dilakukan dengan cara yang sangat menyenangkan, diantaranya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan rasanya pun lezat. Brokoli, semangka, tomat, pepaya, almon, jamur, oats, apel, dan anggur bisa menjadi menu diet harian anda. Hindari makanan berlemak dan kurangi konsumsi gula. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein untuk mengurangi kebiasaan ngemil tidak sehat.

2. Berolah raga

Luangkan waktu 30 menit perhari untuk berolahraga. Jogging, senam, atau berenang adalah jenis olah raga yang dapat anda lakukan untuk melatih persendian sekaligus menjaga kebugaran. Walapun hanya olah raga ringan, lemak tubuh dapat terbakar jika dilakukan secara teratur. Rutin berolah raga adalah cara menurunkan berat badan yang sangat ampuh untuk mengiringi konsumsi makanan sehat. Olah raga tidak hanya membuat anda merasa segar dan lebih aktif dalam menjalankan kegiatan anda sehari-hari, tapi juga berdampak pada mood. Hormon dophamine pada otak akan lebih banyak diproduksi selama anda berolah raga dan membuat anda merasa lebih bahagia bahkan mengurangi stress.

3. Mengatur Waktu Makan

Jangan menyepelekan jadwal makan anda. Sistem metabolisme dan pencernaan bekerja maksimal pada waktu-waktu tertentu. Waktu makan yang tidak tepat membuat makanan tidak bisa dicerna dengan baik dan asupan nutrisi tidak bisa diserap secara maksimal. Waktu terbaik untuk sarapan adalah antara jam 7 sampai jam 9. Makan siang sebaiknya pada jam 12 sampai jam 1 siang. Sedangkan jam 3 sore sampai jam 7 malam adalah waktu yang baik untuk makan malam. Hindari makan malam terlalu larut atau makan berat sebelum tidur karena tidak baik untuk pencernaan. Hal ini juga bisa menyebabkan kegemukan. Kandungan kalori yang tinggi pada makanan tidak akan bisa diproses karena tidak adanya aktifitas fisik.

4.Minum air putih

Air putih selalu baik dikonsumsi daripada minuman-minuman yang mengandung gula. Selain menghilangkan dehidrasi dan menyegarkan tubuh, air putih sangat membantu melancarkan proses metabolism tubuh. Awali hari anda dengan meminum segelas air putih. Meminum air putih dua gelas 30 menit sebelum makan adalah cara menurunkan berat badan yang efektif karena bisa menimbulkan rasa kenyang. Delapan gelas air putih per-hari bisa membakar lebih banyak kalori dan mengurangi lemak.

5.Cukup Tidur

Terdengar sangat mudah, tapi mengatur dan memperhatikan waktu tidur membutuhkan kedisiplinan. Jagalah agar anda memiliki kualitas tidur yang baik dan tidak hanya sekedar waktu tidur yang lama. Penelitian dari University of Chicago menyatakan bahwa waktu tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat orang tidak cepat merasa lapar. Tidur kurang dari lima jam sehari bisa meningkatkan hormon gherlin 9 poin lebih tinggi. Akibatnya, tubuh akan menyimpan lemak lebih banyak. Kalori yang dibakarpun akan menurun 5 persen dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Untuk menjaga berat badan anda ideal, tidurlah 7 sampai 8 jam sehari.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0