Tips dan Trik Hemat Membeli Alat Tulis Kantor

Alat tulis kantor ialah istilah yang menggambarkan berbagai macam barang yang memiliki keterkaitan, biasanya sebagian besar barang ini diperlukan di kantor agar nantinya seluruh kegiatan kantor dapat dilakukan dengan baik. Jika Anda bekerja di perusahaan besar, mungkin tidak sulit menyebutkan berbagai alat tulis ini. Saat Anda berada di kantor, mengetahui berbagai macam alat tulis yang diperlukan di kantor ini wajib hukumnya.

alat-tulis-kantorLantas apa saja benda yang masuk dalam alat tulis ini?

  • Bolpoin merupakan salah satu alat tulis yang sangat pening walaupun sekarang ini sudah ada berbagai macam teknologi komputer, namun tetap saja untuk menulis di atas kertas, kita menemukan salah satu alat ini,
  • Di tiap kantor tentu memerlukan alat seperti file. File memiliki tugas sebagai penyimpan berbagai surat penting yang dapat disimpan dengan aman. File ini berisikan berbagai macam dokumen yang berhubungan dengan perusahaan. Ada berbagai macam jenis dari file ini seperti file suspensi, file clip,
  • Berbagai macam keperluan kantor, tidak akan mungkin dapat berjalan dengan lancar jika tidak memiliki kertas. Kertas yang sering digunakan untuk urusan kantor seperti kertas A4,
  • Kalender biasanya dipergunakan untuk mengetahui penanggalan. Kalender ini juga sangat diperlukan, Anda dapat membayangkan bagaimana bentuk kantor bila tidak mempunyai kalender.
  • Kalkulator digunakan untuk menghitung perhitungan yang sederhana ketika kita berada di kantor. Apabila anda bekerja pada bagian akuntan, kalkulator sangat dibutuhkan untuk penghitungan yang cepat dibandingkan komputer atau smartphone. Kalkulator yang sedang populer saat ini adalah kalkulator casio.

Berbagai macam barang di atas merupakan alat tulis kantor yang begitu dibutuhkan dan bahkan harus ada untuk menunjang kerja di kantor. Semua perusahaan baik perusahaan dengan kelas kecil atau perusahaan dengan kelas besar, pasti memiliki alat tulis ini. Bahkan, untuk perusahaan yang sudah mengembangkan teknologi modern sekalipun, mereka pasti memerlukan berbagai macam alat tulis tradisional seperti kertas atau pun bolpoin.

Untuk membeli alat tulis, seringnya pihak kantor akan membeli alat tulis di dalam jumlah yang besar. Pembelian ini untuk tenggang waktu yang lama, sehingga dapat menghemat anggaran bulanan yang khusus untuk persediaan alat tulis. Biasanya perusahaan akan membeli alat tulis di sebuah supplier yang sudah menjadi langganan mereka, supplier tersebut akan menyuplai berbagai macam alat tulis yang diminta.

Mungkin bila di lihat alat tulis memiliki harga yang sangat murah. Akan tetapi, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara pembelian alat tulis ini. Apabila Anda membeli dengan cara yang asal-asalan, bisa saja Anda malah akan melakukan pemborosan. Terlebih, bila tidak bijaksana untuk menentukan anggaran, bisa jadi anggaran kantor malah akan semakin membludak.

Agar anggaran untuk pembelian alat tulis kantor tidak membludak, berikut tips untuk melakukan pembelian alat tulis, antara lain:

  • Beli dalam jumlah yang besar. Apabila Anda membeli alat tulis ini di dalam jumlah yang kecil, tentu saja hal tersebut juga akan menimbulkan potensi pemborosan yang begitu besar, dikarenakan kalkulasi harga eceran dengan harga grosiran akan begitu tinggi selisihnya. Agar dapat menghindari pemborosan yang tidak penting ini, Anda perlu lebih bijak membelanjakan uang bila ingin melakukan pembelian alat tulis,
  • Cari supplier. Setelah Anda sudah menentukan pembelian di jumlah yang besar, Anda dapat mencari supplier yang dapat digunakan untuk menyediakan alat tulis ini. Ada banyak pusat grosir alat tulis yang dapat Anda tuju, akan tetapi pastikan bila pusat grosir yang nantinya Anda gunakan untuk membeli ialah pusat grosir yang terpercaya,

Seperti apa layanan purna jualnya? Ketika memilih supplier, Anda juga harus memikirkan seperti apa layanan purna jual yang mereka miliki.

Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0