Tips Hemat Saat Liburan

Liburan sering kali menjadi momok menakutkan bagi para pekerja. Meski niatnya bagus, yaitu untuk refreshing dan relaksasi diri, liburan menjadi ‘perampok tabungan’ karena kita biasanya sering menghabiskan sebagian besar tabungan saat berlibur. Mulai dari mengeluarkan uang untuk membeli tiket pesawat, membayar asuransi perjalanan, hingga membayar dana penginapan, semuanya tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itu baru urusan akomodasi, belum dana saat berada di lokasi wisata. Duh, bagaimana ya cara menghemat dana liburan agar tidak membengkak? Ini dia cara yang bisa kalian coba:

  1. liburan-hematPilih waktu liburan saat low season. Liburan saat peak season seperti hari libur nasional, long weekend, atau saat libur sekolah adalah sesuatu yang gila. Sebaiknya hindari hal ini jika kita ingin menghemat dana pengeluaran. Saat sedang peak season, harga-harga di tempat wisata pasti sudah di-mark up sehingga bisa menjebol dana tabungan kita.
  2. Rem dana untuk membeli oleh-oleh. Salah satu beban terbesar kita ketika liburan adalah oleh-oleh. Adanya kebiasaan untuk membawa oleh-oleh setiap bepergian membuat kita merasa terbebani. Merasa tidak enak jika pulang liburan jika tidak membawa oleh-oleh. Padahal, jika itu memberatkan maka tidak usah dipaksakan. Jika ada, sisihkan sedikit uang untuk membeli makanan khas di tempat liburan kita sebagai buah tangan.
  3. Manfaatkan tempat wisata yang gratis. Di beberapa tempat, ada lokasi wisata yang gratis untuk dikunjungi. Mulai dari museum, taman, hingga tempat wisata lain yang sifatnya nonkomersial. Mengunjungi tempat wisata seperti ini sangat membantu menekan pengeluaran kita sehingga dana untuk wisata bisa dihemat.
  4. Hindari makan di restoran. Cari tempat makan di pinggir jalan atau di pasar lokal di mana kita bisa merasakan makanan khas daerah tersebut. Hindari makan di restoran karena pajak dan servisnya cukup tinggi. Lebih baik makan di gerai milik masyarakat lokal; rasanya lebih lezat dan kita juga bisa berbicara langsung dengan pemiliknya.

Nah, semoga bisa membantu ya! Liburan ternyata tidak harus membobol seluruh tabunganmu, kok. Selamat mencoba dan selamat liburan.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0