Tips Klaim Asuransi Mobil yang Terkena Banjir

Hampir setiap hari hujan selalu turun di kawasan ibukota. Tidak heran jika beberapa daerah selalu tergenang air karena tingginya volume air yang turun ke bumi. Sungai-sungai meluap dan beberapa kawasan pun terkena banjir ringan. Bagi Anda yang memiliki mobil, musim hujan seperti ini tentunya menjadi musim yang harus diwaspadai. Sebab jika banjir melanda dan mengenai mobil Anda, maka kerugian pun terbayang di depan mata. Bayangkan saja jika Anda terpaksa harus melewati jalanan yang tergenang banjir dengan mobil Anda. Mobil mati di tengah jalan, mogok, dan tidak lagi bisa menyala. Pilihannya hanya satu: bawa ke bengkel dan urus klaim dengan asuransi. Itu pun jika Anda memiliki asuransi mobil yang telah diperluas. Jika tidak, maka mau tak mau Anda harus merogoh kocek sendiri demi membayar ongkos servis bengkel. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk mengajukan perluasan asuransi mobil, terlebih saat musim hujan seperti sekarang.

asuransi-mobil-banjirAkan tetapi, bagaimana jika Anda telah menggunakan asuransi mobil, namun bukan yang telah diperluas? Apakah ketika mobil terkena banjir, Anda tidak bisa mengajukan klaim? Nah, jangan dulu panik. Sebab trik berikut ini bisa membantu Anda untuk mengajukan klaim ketika mobil terkena banjir tanpa ditolak. Simak artikelnya!

  1. Jangan pernah memaksakan mobil Anda untuk melewati genangan air yang sekiranya dalam dengan sengaja. Begitu Anda melihat ada genangan yang tinggi di depan Anda, sebaiknya hentikan mobil dan jangan memaksa untuk melaluinya dengan mobil. Pasalnya, hal yang terlihat sederhana ini justru bisa membatalkan klaim Anda dari pihak asuransi.
  2. Ketika mobil berada di tengah genangan dan sudah terendam, langsung matikan mobil. Jangan memaksa untuk berjalan dan menerobos air. Pasalnya, menyalakan dan melakukan starter mobil bisa menyebabkan arus pendek pada mobil. Hal ini justru menyebabkan kerusakan lain yang lebih fatal pada mobil Anda. Jika memungkinkan, langsung cabut baterai aki untuk menyelamatkan mesin mobil.
  3. Meski mobil sudah kering, bukan berarti Anda bisa langsung menyalakannya. Setelah terkena banjir, Anda pastinya akan menunggu sampai banjir surut untuk menyalamatkan mobil Anda. Nah, ketika air di sekitarnya kering, jangan langsung menyalakan kendaraan Anda. Laporlah ke pihak asuransi dan jelaskan duduk perkaranya. Dengan demikian, pihak asuransi bisa meninjau langsung laporan Anda untuk memutuskan apakah klaim Anda akan diproses atau tidak.

Itu dia tiga trik yang bisa Anda terapkan agar klaim asuransi mobil setelah terkena banjir bisa diproses. Semoga membantu, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0