Tips Menata Dan Merapikan Meja Kantor Agar Lebih Produktif

Seringkali tanpa disadari, banyak karyawan yang membiarkan meja kerjanya berantakan begitu saja sepanjang jam kerja. Dengan alasan malas untuk menata ulang atau tidak cukup waktu untuk merapikan. Padahal kondisi meja kantor ternyata berhubungan erat dengan produktivitas kerja karyawan. Bayangkan jika karyawan harus bekerja di atas meja yang penuh tumpukan berkas atau makanan yang berserakan, pastinya mereka akan menjadi kurang produktif.

menata meja kerjaBerikut ini beberapa tips sederhana namun penting dalam hal merapikan meja kerja :

  1. Bersihkan sampah

Pertama, bersihkan meja dari benda-benda yang seharusnya dibuang. Kemudian rapikan sisa-sisa benda di atas meja. Masukkan dalam wadahnya masing-masing dengan tanda-tanda khusus sehingga Anda mudah menemukannya.

Benda-benda yang berada pada tempatnya akan membuat Anda merasa nyaman, tenang dan terorganisir. Ini akan membuat perubahan besar pada tingkat produktivitas kerja.

  1. Dekorasi meja

Setelah benda-benda telah dirapikan, Anda bisa mendekorasi meja sesuai selera. Misalnya dengan memajang foto keluarga agar Anda lebih termotivasi dan bahagia. Atau meletakkan bunga dan tanaman mini yang dapat menambah semangat. Selalu utamakan warna-warna segar dan cerah di sekitar meja untuk menjaga mood Anda tetap baik.

  1. Pencahayaan

Perhatikan pula pencahayaan dalam ruangan. Pastikan meja kantor Anda telah mendapatkan pencahayaan yang cukup sehingga Anda cukup jelas ketika harus mengerjakan sesuatu. Akan lebih baik bila cahaya tersebut berasal dari matahari untuk membuat Anda lebih berenergi dan fokus mengerjakan tugas-tugas.

  1. Hindari makan di atas meja

Banyak orang tak sadar jika makan atau ngemil di atas meja justru membuat meja kerja menjadi kotor dan berantakan. Sebisa mungkin hindari makan di atas meja atau jika memang harus makan di tempat, letakkan alas berupa lap kain di atas meja saat Anda makan sehingga makanan yang tercecer tidak langsung mengotori meja.

Jika kita perhatikan, memang meja kantor berbanding lurus dengan kenyamanan dan produktivitas kerja. Semakin nyaman bekerja akan semakin tinggi pula produktivitas kita. Karenanya, sudah seharusnya kita memperhatikan kebersihan dan kerapian meja kerja untuk menunjang semangat kerja diri kita masing-masing.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0