Tips Mencegah Kanker Kulit

Sinar matahari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, misalnya saja membantu produksi vitamin D. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan juga bisa menimbulkan masalah bagi tubuh, terutama pada kulit. Ya, sinar matahari yang berlebih merupakan penyebab utama dari kanker kulit atau melanoma. Karena itulah, para ahli atau dokter kanker di dunia menyarankan untuk tidak terlalu berlama-lama berada di luar ruangan pada siang hari untuk menghindari resiko kanker kulit.

lindungi kulit dari matahariBuat kita yang tinggal di negara tropis di mana sinar matahari selalu ada selama setahun penuh, apalagi yang bertugas di luar ruangan, ini tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk kita. Namun bukan berarti hal ini mustahil, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker kulit, di antaranya:

Kurangi paparan matahari

Terutama pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, di mana pada saat tersebut cahaya matahari memiliki kandungan sinar UV paling besar. Sinar UV inilah yang menjadi penyebab utama dari kanker kulit sekaligus dapat menjadikan kulit rusak, seperti menipis dan keriput. Sebaiknya jika memang ingin melakukan kegiatan di luar ruangan seperti ke pantai, pilihlah waktu seperti pada pagi hari atau pada saat sore menjelang matahari terbenam. Bila memang harus sekali keluar rumah atau berada di luar ruangan pada jam tersebut, lindungi diri dengan menggunakan pakaian yang tertutup atau lengan panjang dengan topi atau payung. Jangan lupa lindungi kulit di sekitar mata dengan menggunakan kaca mata hitam.

Lindungi kulit dengan lotion SPF

Tambah proteksi bagi kulit dengan menggunakan lotion atau dengan Kandungan SPF atau Sun Protection Factor setidaknya 30 menit sebelum ke luar rumah. SPF dalam sunscreen atau sunblock ini ampuh untuk menunda sinar matahari membakar kulit. Lamanya waktu penundaan ini tergantung dari banyaknya kandungan SPF di dalamnya, misalnya saja SPF 15 berarti mampu menahan sinar matahari membakar kulit 15 kali lebih lama dibandingkan dengan kulit yang tidak memakai lotion. Namun, semakin besar kandungan SPF ini belum tentu semakin baik. Pilihlah kandungan yang sesuai dengan kebutuhan, biasanya mereka yang memiliki warna kulit lebih putih membutuhkan kandungan SPF yang lebih besar. Selain itu, pilih lotion yang bisa menahan baik sinar UVA maupun sinar UVB.

Hindari tanning di salon

Banyak wanita, khususnya mereka yang berkulit putih justru ingin memiliki kulit yang lebih gelap, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan tanning alias menghitamkan kulit di bawah sinar matahari atau dengan melakukannya di salon. Cara ini merupakan cara yang berbahaya dan sudah terbukti bisa menjadi penyebab dari kanker kulit. Karena, sinar UVA yang digunakan pada mesin tanning lebih tinggi 2 hingga 5 kali dibandingkan dengan sinar matahari natural.

Selain menghindari sinar matahari, jangan lupa untuk mengecek tanda-tanda dari kanker kulit yang bisa diliat pada tahi lalat yang ada pada tubuh.

Mengenal akan tahap perkembangan penyakit kanker juga menjadi salah satu cara untuk membantu kita lebih mengenal akan jenis penyakit ini. Sehingga ketika ada saudara bahkan kita yang terkena penyakit ini tahu langkah atau tindakan apa yang akan kita ambil demi untuk menghentikan perkembangan penyakit tidak menjadi lebih parah. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0