Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Kumpulan Artikel – Mendengkur atau ngorok merupakan masalah tidur yang banyak orang alami. Mungkin bila tidur sendiri, masalah ini tidak terlalu menjadi hal mengkhawatirkan. Namun bila kita sudah berpasangan ( menikah ) ataupun sedang menginap dimana tidur bersama – sama dengan orang lain, pasti mendengkur ini akan menjadi masalah orang yang tidur disekitar kita.

tidur mendengkurMasalah utama dari mendengkur adalah bukan hanya karena mengganggu orang sekitar. Mendengkur merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada daerah saluran pernapasan. Penyempitan dan penyempitan yang terjadi pada saluran pernapasan adalah salah satu penyebab terjadinya mendengkur pada seseorang. persinggungan yang terjadi antara lidah dengan langit – langit mulut yag menyebabkan getaran dan menyebabkan bunyi dengkuran.

Mendengkur juga biasanya terjadi pada orang – orang yang memiliki berat badan berlebih, yang memiliki lemak berlebih yang dapat menempel dan menghambat saluran pernapasan. Efek terparah dari mendengkur ini adalah dapat merusak jantung karena kekurangan oksigen, dikarenakan persinggungan yang terjadi menyebabkan suplai oksigen berkurang.

Mendengkur dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena seseorang yang terlalu lelah dan kebiasaan pola hidup yang buruk. Untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur ini dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal dibawah ini.

  • Coba turunkan berat badan dengan cara berolahraga. Dengan menurunkan berat badan, maka lemak – lemak yang menutupi atau menghampbat saluran pernapasan dapat dikurangi.
  • Biasakan tidur dengan posisi menyamping. Tidur dengan posisi telantang akan membuat lidah jatuh dan menjadi beban yang dapat menyebabkan mendengkur.
  • Biasakan pola tidur teratur dan sehat. kurang tidur dan sering begadang dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah sehingga menyebabkan mendengkur pada saat tidur.
  • Kurangi atau berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan masalah pada saluran pernapasan yang menyebabkan mendengkur.
  • Lebih tinggikan posisi kepala pada saat tidur, dengan demikian akan mengurangi tekanan pada saluran pernapasan sehingga membuat saluran pernapasan lebih lancar.
  • Perbanyak minum air. Keadaan tubuh yang dehidrasi dapat menyebabkan saluran pernapasan menjadi kering yang dapat menyebabkan mengorok.

Dengan mengurangi dan menghilangkan kebiasaan mengorok ini baik untuk kesehatan, dan tentukan akan membuat orang lain yang tidur dengan kita tidak akan merasa terganggu.

mulailah mengurangi atau hilangkan kebiasaan mengorok, karena dampak dari ngorok berbahaya bagi kesehatan dan teman tidur 🙂 . Mulailah pola tidur sehat agar mendapat kesegaran disaat anda bangun untuk memulai hari yang lebih baik.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0