Tips Merawat Karpet di rumah

Karpet merupakan salah satu alas di lantai rumah yang biasanya digunakan sebagai pelindung untuk melindungi para penghuni dari dinginnya lantai. Sering dipakai dan jarang dirawat, tentunya tak ayal jika karpet menjadi sarang bakteri maupun kuman jahat yang terkadang bisa membuat kulit menjadi sangat gatal terlebih bagi penderita penyakit kulit. Oleh sebab itu, melakukan perawatan rutin pada karpet ini tentu sangat dianjurkan untuk Anda. Sekalipun cara perawatannya tidak akan mirip dengan merawat karpet futsal, tapi dengan melakukan perawatan secara teratur pastinya Anda pun akan terhindar dari berbagai bakteri yang menempel di karpet.

membersihkan karpet dirumahMaka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa cara ini agar karpet selalu bersih dan tidak dihinggapi oleh kuman ataupun bakteri. Yuks, disimak!

  1. Bersihkan dengan vacuum cleaner. Supaya kuman yang menempel di karpet tidak mengendap dalam waktu lama, alangkah baiknya bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun, saat membersihkannya, maka lakukanlah pada waktu pagi maupun malam hari. Tapi, disarankan melakukan pembersihan setelah selesai beraktivitas sehingga karpet tidak akan diinjak lagi.
  2. Cuci karpet secara rutin. Untuk mencegah munculnya bakteri di karpet, maka sebaiknya rutinlah mencuci karpet ini dua kali dalam setahun. Akan tetapi, baiknya cucilah karpet ini saat musim panas sehingga akan lebih cepat kering. Karpet yang lembab biasanya sangat disukai oleh bakteri, oleh sebab itu tidak disarankan untuk mencuci saat musim hujan.
  3. Langsung membersihkan karpet ketika ketumpahan minuman maupun makanan. Saat makanan dan minuman yang dikonsumsi tumpah di karpet, maka jangan menunda untuk membersihkannya. Sebab, ini hanya akan menjadi tempat bersarangnya kuman membandel. Cara pembersihannya, bisa menggunakan perasan air lemon, air garam, sekaligus air cuka.
  4. Tidak menginjak karpet dengan sepatu. Agar karpet selalu bersih, baiknya jangan pernah menginjak karpet dengan sepatu maupun sandal, khususnya setelah bepergian. Selain membuat kotor, menginjakkan sepatu langsung ke karpet ini akan memunculkan banyak kuman. Dan bilamana diduduki maupun dijadikan sebagai alas untuk tidur, maka dapat dipastikan kuman tersebut pun akan langsung menempel di kulit.

Itu sedikit cara yang bisa dilakukan saat melakukan perawatan pada karpet di rumah. Semoga membantu! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0