Trik Merawat Koleksi Celana Jins Kesayangan

Setiap orang memiliki satu atau dua celana jins yang selalu menjadi andalan. Entah karena modelnya yang terasa pas ketika dikenakan atau karena warnanya yang cocok untuk dipadankan dengan berbagai busana. Celana jins bisa menjadi investasi item fashion yang timeless jika kita tahu cara merawat celana jins yang benar. Pasalnya, mencari jins yang tepat merupakan pekerjaan yang berat sehingga jika sudah memiliki satu, maka kita ingin menggunakannya dalam waktu yang lama.

celana jinsLantas, bagaimana cara merawat koleksi celana jins kesayangan kita? Hmm, cukup mudah kok. Silakan tiru trik di bawah ini:

  1. Jangan menggunakan air panas atau air dingin. Gunakan air yang hangat untuk mencuci celana jins. Mengapa? Sebab air yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa menghalangi serat kain dan membuat kotoran menjadi lebih susah hilang.
  2. Tidak perlu disikat, kucek perlahan saja. Ketika mencuci celana jeans, perhatikan agar kita tidak terlalu keras saat menyikatnya. Sikatan yang terlalu keras bisa membuat kontur celana jins berubah dan juga melar. Cukup kucek di bagian yang kotor seperlunya dan cuci dengan cara biasa. Kalau mencuci dengan mesin cuci akan lebih baik lagi karena kita tak perlu repot mengucek celana.
  3. Hindari menggunakan bahan kimia untuk mencuci jins. Pasalnya, bahan yang mengandung zat kimia bisa merusak warna jins dan membuat kualitas warnanya cepat memudar. Cucilah dengan deterjen yang tak mengandung zat kimia dan khusus untuk celana jins. Jangan terlalu sering mencucinya juga, ya.
  4. Jangan menjemur jins di bawah sinar matahari langsung. Sebab sinar matahari bisa membuat warna jins menjadi cepat ‘bule’ alias hilang warna aslinya. Contohnya saja celana jins hitam, jika dijemur di bawah sinar matahari langsung maka warna hitamnya akan cepat pudar dan muncul warna-warna putih akibat sinar matahari.
  5. Jangan menyeterika celana jins dengan setrika panas karena bisa merusak permukaan jins. Gunakan volume setrika yang rendah atau menengah, yang penting bisa menghaluskan permukaan jins.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, semoga celana jins mu bisa lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, ya! Selamat mencoba dan semoga berhasil 😀

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0