Waspadai 4 Penyebab Kematian Ibu Saat Melahirkan

Mungkin Anda sering mendengar bahwa ketika seorang ibu sedang menjalani proses melahirkan, sebenarnya saat itu ibu sedang berjuang antara hidup dan mati. Mungkin hal ini terdengar berlebihan, namun kenyataannya memang seperti itu. Tidak sedikit perempuan yang harus mengorbankan nyawanya saat menjalani proses ini. Penyebabnya, tentu saja sangat beragam. Misalnya saja seperti ibu kekurangan gizi ibu hamil saat masa kehamilan sehingga mengalami masalah pada saat proses melahirkan atau penyebab lainnya.

ibu sedang melahirkanNamun, berdasarkan situs alodokter ada 4 penyebab kematian ibu saat melahirkan yang paling banyak dialami oleh ibu, yaitu:

  • Pendarahan post partum berlebihan (PPH)

Seorang ibu dikatakan mengalami kondisi ini jika pendarahan pasca melahirkan mencapai lebih dari 500ml untuk proses melahirkan normal dan lebih dari 1.000ml untuk melahirkan secara caesar. Pendarahan ini bisa terjadi dalam waktu satu hari ataupun dalam waktu beberapa hari pasca melahirkan. Jika hal ini berlangsung terus, maka tekanan darah ibu akan turun dan ibu bisa mengalami syok yang ditandai dengan pusing, keringat dingin, jantung berdetak cepat, tubuh lemah atau ingin pingsan.

  • Preeklampsia

Ibu hamil yang mengalami preeklampsia biasanya ditandai dengan naiknya tekanan darah dan juga urine yang mengandung protein dalam kadar yang cukup tinggi. Preeklampsia sendiri adalah kondisi dimana plasenta yang bertugas untuk mengalirkan darah dan nutrisi ke dalam janin mengalami masalah. Lorong plasenta menjadi sempit dan tidak bisa mengalirkan darah secara lancar ke dalam janin, sehingga menyebabkan tekanan darah ibu menjadi tinggi. Kondisi ini sering ditemukan ketika usia kehamilan mencapai 5 bulan.

  • Riwayat penyakit

Ibu yang menderita suatu penyakit tertentu sebelum hamil, terkadang juga bisa menyebabkan kematian saat proses melahirkan. Apalagi jika selama masa kehamilan, penyakit tersebut tidak ditangani dengan baik. Tentunya tidak semua penyakit bisa menyebabkan hal ini, hanya beberapa saja, diantaranya yaitu HIV/AIDS, anemia, tuberkolosis dan beberapa penyakit lainnya.

  • Infeksi

Ada beberapa infeksi yang bisa menyebabkan kematian saat proses melahirkan, salah satunya adalah sepsis. Infeksi ini akan menyebabkan ibu mengalami penurunan tekanan darah (syok septik) jika tidak diaatasi dengan baik. Syok tersebut kemudian dapat memicu kerusakan beberapa organ dalam tubuh seperti ginjal, hati atau paru-paru dan kerusakan ini berlangsung dalam waktu cepat.

Informasi ini tidak dibuat untuk menakuti Anda sebelum menjalani proses melahirkan. Namun untuk membuat Anda agar lebih sadar dengan kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan pada dokter kandungan ketika menemukan adanya ketidakberesan pada kandungan Anda, meskipun hal tersebut hanyalah hal kecil. Namun, tetaplah berpikir positif dan hindari stres karena hal tersebut hanya akan memperparah kondisi kandungan Anda. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0