Yuk, Gunakan Kamus Dengan Benar

Kamus adalah benda yang pasti akan dibutuhkan oleh siapapun yang sedang belajar bahasa inggris dasar. Bagaimana tidak, siapapun pasti akan mencari kata-kata bahasa inggris yang tidak dimengertinya dalam kamus. Baik kamus manual maupun kamus elektronik, keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai alat bantu menerjemahkan sebuah kata.

baca kamus bahasa inggrisKehadiran berbagai situs penerjemah dan aplikasi penerjemah yang dapat di install di smartphone masing-masing, bahkan sangat bermanfaat untuk menerjemahkan tidak hanya kata dalam bahasa inggris saja, tetapi juga kalimat bahasa inggris. Meskipun terkadang susunan kalimat hasil terjemahannya agak sedikit berantakan, namun hal ini bukan masalah besar karena kita bisa menyusun ulang kalimatnya agar lebih enak dibaca. Namun, fasilitas ini terkadang membuat kita menjadi malas untuk mencari arti kata per kata, sehingga kemampuan bahasa inggris kita bisa saja jadi tidak meningkat. Karena itulah, beberapa pengajar tetap lebih suka meminta muridnya menggunakan kamus manual dibandingkan dengan kamus elektronik.

Nah, agar penggunaan kamus ini menjadi semakin efektif dalam proses belajar bahasa inggris dasar kita, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat menggunakan kamus:

  • Bagi pengguna kamus elektronik, lawan rasa malas dengan langsung menerjemahkan sebuah kalimat langsung menggunakan kamus tersebut. Tetaplah mencoba untuk menerjemahkannya dalam bentuk kata per kata. Setelah semua kata yang tidak kita mengerti dalam satu kalimat tersebut sudah kita ketahui artinya, cobalah untuk merangkainya dalam sebuah kalimat. Hal ini akan membuat kita lebih mengingat arti dari sebuah kata, dibandingkan dengan langsung menerjemahkannya dalam sebuah kalimat.
  • Jangan hanya memperhatikan kata yang kita butuhkan saja, tetapi perhatikan juga bentuk perubahannya. Khususnya, jika kita sedang menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Misalnya saja kata “makan” dengan “dimakan” tentu akan ada perbedaan.
  • Cobalah untuk memperhatikan juga cara membacanya. Pada umumnya, disamping kata akan selalu dilengkapi dengan cara membacanya. Apalagi bagi pengguna kamus elektronik, pada beberapa situs atau aplikasi penerjemah, bahkan dilengkapi dengan fasilitas voice yang memungkinkan kita untuk mendengar bagaimana cara membaca kata tersebut yang benar.

Demikianlah beberapa tips menggunakan kamus agar proses belajar lebih efektif. Ada yang ingin menambahkan? (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0