Yuks Buat Kerajinan dari Pipa Paralon

Pasti tahu dong dengan yang namanya pipa? Benda ini sering digunakan sebagai saluran air pada available apartment in Jakarta, rumah, atau tempat lainnya. Akan tetapi, selain sebagai saluran air ternyata pipa juga bisa dikreasikan menjadi beragam benda bermanfaat loh. Dan cara membuatnya juga tidaklah sulit. Penasaran? Yuk kita langsung bahas saja.

  • Tempat payung

Kerajinan Tangan dari Pipa ParalonUntuk tempat payung ini, kamu bisa menggunakan satu pipa berukuran besar, ataupun beberapa pipa yang berukuran beragam. Jika ingin membuatnya dengan beberapa pipa berukuran beragam, pilihlah pipa yang akan memuat satu payung. Kenapa satu payung? Karena kamu akan memasukkan hanya satu payung di setiap lubang pipa. Potonglah pipa dengan ukuran panjang yang beragam, tujuannya agar terlihat semakin menarik. Selain itu, pipa berukuran lebih panjang akan bermanfaat untuk menyimpan payung panjang yang tidak dilipat. Sementara, pipa berukuran lebih pendek akan bermanfaat untuk menyimpan payung lipat. Kamu bisa membuatnya berbentuk spiral lingkaran dengan ujung luar yang semakin lama semakin pendek. Atau kamu bisa membuatnya berbentuk seperti tangga.

  • Pot bunga

Kreasi unik dan menari dari pipa menjadi pot bunga? Pasti sudah tidak asing kan. Bahkan mungkin, kamu sendiri sudah menggunakannya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan pipa dengan diameter cukup besar dan kemudian pasang penutup pipa sebagai alas bawahnya. Jangan lupa untuk memberikan lubang-lubang kecil pada penutup pipa agar air dapat mengalir keluar. Setelah memastikan penutup terpasang rapat, pot pun siap untuk diisi tanaman dan tanah.

  • Gantungan jaket dan topi

Tahu gantung jaket dan topi yang biasanya berbentuk tiang dengan beberapa cabang pada bagian atasnya? Mungkin, benda ini tidak terlalu lazim digunakan di Indonesia (kecuali bagi sebagian orang), namun tidak ada salahnya jika kita melengkapi kamar kita dengan benda ini. Untuk membuatnya, kita bisa memanfaatkan pipa dengan diameter sedang. Jangan terlalu besar, karena akan membuatnya tidak cantik ketika dilihat. Rangkai sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Jangan lupa, pada bagian ujung cabang, pasang pipa berbentuk “L” dengan arah ke atas, sebagai gantung untuk menaruh topimu nanti.

Apapun kreasi yang akan kamu buat, jangan lupa untuk menghias atau mengecet ulang pipa terlebih dahulu yah, agar hasilnya semakin indah, menarik dan enak dilihat. Nah, segitu dulu beberapa kreasi dengan pipa kali ini. Nanti, kita akan melihat berbagai kreasi unik dengan pipa untuk buat barang rumahan jadi unik dan menarik! (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+1Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn1