Aman Mengendarai Mobil di Malam Hari

Hampir 90 persen dari kemampuan seseorang saat mengendarai mobil bergantung pada penglihatan. Namun kemampuan untuk melihat tersebut akan menurun drastis pada malam hari. Tidak heran, jika mengendarai mobil di malam hari adalah salah satu kegiatan yang paling berbahaya. Dari semua kecelakaan mobil yang fatal, 49 persen terjadi pada malam hari. Meskipun sudah memiliki asuransi mobil yang menanggung semua kerusakan yang terjadi pada mobil saat kecelakaan, akan tetapi jika tidak berhati-hati maka akan menimbulkan masalah yang cukup berbahaya misalnya pengendara meninggal dunia, luka-luka yang sangat parah dan sebagainya.

mengendarai di malam hariUntuk menghindari kecelakaan yang terjadi dan selalu aman saat mengendarai mobil di malam hari, maka harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Pastikan Kaca Mobil Selalu Bersih. Kaca mobil yang kotor tentu saja akan membuat penglihatan terganggu. Jika ingin berkendara pada malam hari ada baiknya membersihkan kaca mobil terlebih dahulu.  Untuk berjaga-jaga, maka pastikan penampung pembersih kaca terisi. Akan lebih baik jika diisi dengan cairan khusus pembersih kaca mobil. Sehingga apabila terkena cipratan atau kotoran cairan pembersih bisa membersihkannya.
  2. Menggunakan Lampu Dengan Pencahayaan Yang Baik. Lampu mobil dengan pencahayaan terbaik akan memberikan keamanan pada pengendara, dan tentunya akan memberi penerangan di perjalanan dengan baik. Namun tidak membuat pengendara di depan menjadi silau dan terganggu yaa.
  3. Atur Sorotan Lampu Depan Agar Optimal. Banyak orang yang memiliki lampu depan dengan sorotan yang kurang wajar. Baik itu terlalu rendah atau terlalu ke atas. Jika lampu sorot depan terlalu rendah, maka tidak akan dapat melihat jalanan. Dan jika terlalu ke atas sudah pasti akan menganggu pengendara lainnya. So, aturlah sorotan lampu depan dengan optimal.
  4. Hindari Penggunaan Kaca Film Yang Terlalu Gelap. Saat berkendara di malam hari, penggunaan kaca film tentu lebih mempengaruhi jarak pandang dan visibility dibandingkan mengemudi saat siang hari. Ukuran kegelapan yang dianjurkan adalah 20 persen pada kaca depan dan 40 persen untuk kaca samping dan kaca belakang.
  5. Sebisa Mungkin Ajaklah Teman. Selain memperhatikan semua yang ada pada mobil, akan tetapi memperhatikan keselamatan diri juga patut dilakukan. Jika akan mengendarai mobil di malam hari sebaiknya ajaklah seorang teman yang menemani. Hal ini bertujuan untuk menghindari diri dari kejahatan yang terjadi di malam hari.

Dengan mengikuti berbagai tips di atas, berkendara malam hari bukanlah suatu masalah. Bahkan, meskipun berkendara jarak jauh sekalipun bukanlah hal yang menakutkan. Akan tetapi, ada satu hal penting yang tidak boleh dilupakan, yaitu berdoa sebelum memulai perjalanan.  –Sh–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0