Jenis Spare Part Sepeda Motor

Sebagai pengguna sepeda motor, tentu kita harus rajin merawat dan mengetahui beberapa jenis spare part sepeda motor. Ini tentu sangat penting, sehingga ketika terjadi sesuatu terhadap motor maka kita bisa memperbaiki sepeda motor itu sendiri. Apalagi ada beberapa jenis spare part sepeda motor yang mempunyai masa pemakaian yang pendek dan butuh perawatan ekstra. Apalagi seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa banyak komponen sepeda motor yang harganya mahal.

spare part motorNamun pada kenyataannya banyak pengguna motor yang menyepelekan hal tersebut. Mungkin karena kini sudah banyak bengkel-bengkel khususnya bengkel pinggir jalan yang menyediakan berbagai jenis spare part sepeda motor dengan harga yang murah, namun kualitasnya tidak terjamin. Nah, berikut ini ada beberapa Jenis Spare Part Sepeda Motor yang memang harus diperhatikan agar ketika kita datang ke bengkel untuk service berkala tidak akan keluar banyak uang.

Aki motor

Kita tahu aki motor merupakan komponen sepeda motor yang penting dan harus diperhatikan. Karena fungsi dari aki ini adalah sebagai penyalur daya untuk menghidupkan mesin motor. Selain itu, aki juga merupakan penyedia tenaga cadangan untuk keperluan mesin dan aksesoris kelistrikan di sepeda motor. Oleh karena fungsi nya sangat vital, maka usahakan untuk selalu memeriksa aki secara berkala.

Aki untuk sepeda motor ada dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering biasanya digunakan oelh motor-motor matic. Selain tidak perlu melakukan perawatan, aki keringnya memiliki dimensi yang kecil. Namun banyak yang mengeluhkan aki kering lebih cepat rusak. Berbeda dengan aki kering, aki basah justru waktu penggunannya lebih lama. Namun tetap aki basah membutuhkan perawatan, di mana aki basah ini harus selalu diisi air aki ketika habis.

Oli

Oli juga sangat vital, karena oli adalah pelumas bagi mesin sepeda motor. Bila olinya saja sudah rusak, tentu ini akan merusak mesin apalagi jika motor tersebut untuk perjalanan jarak jauh maka ini akan membuat mesin menjadi aus. Jika terjadi seperti itu, maka mesin akan rusak dan macet seketika dan ini bisa berpengaruh pada komponen lainnya. Oleh karena itu, usahakan selalu mengganti oli minimal 1 bulan sekali untuk menjaga mesin tahan lama.

Ban

Ban merupakan komponen penting untuk sebuah sepeda motor karena ban adalah titik tumpu motor tersebut untuk bisa berjalan. Jenis ban yang banyak dipasaran kini ada 2 jenis, yaitu ban biasa (membutuhkan ban dalam) dan ban tubless. Meskipun Anda beli merk dan kualitas terbaik, ban juga punya masa pemakaian, maksimal 1 – 2 tahun, maka sebaiknya jika sudah melewati masa tersebut sebaiknya harus mengganti dengan ban baru. Jika dipertahankan, kondisi ban akan menjadi buruk dan bisa membahayakan. Kondisi lain di mana harus memilih mengganti ban baru, jika ban sering ditambal karena mudah bocor.

Kampas Rem & Tali Rem

Rem merupakan hal terpenting dalam berkendara baik dengan mobil ataupun motor. Dengan rem laju kendaraan bisa dikendalikan. Tanpa adanya rem, dipastikan akan banyak sekali kecelakaan. Namun jika rem berfungsi dengan baik, dijamin perjalanan Anda akan nyaman dan aman. Oleh karena itu, selalu perhatikan kampas rem dan tali rem. Untuk motor yang menggunakan rem cakram, maka rajin-rajin lah melakukan perawatan (service) ke bengkel resmi agar bisa dipantau keadaannya.

Lampu

Kini lampu menjadi spare part atau komponen penting dalam berkendara di jalan raya. Mengapa tidak ? Karena sekarang sudah ada peraturan polisi untuk selalu menyalakan lampu ketika berkendaraan baik pagi, siang, dan juga malam. Jika tidak menyalakan, Anda akan kena tilang. Lampu juga berhubungan dengan aki, jika lampu menyala terang maka dipastikan aki masih bagus. Namun sebaliknya, jika lampu baik lampu depan dan lampu sen tidak bisa menyala pasti ada masalah pada aki motor Anda.

Rantai / belt

Untuk pemilik sepeda motor baik 4 tak maupun matic, rantai/belt merupakan komponen terpenting. Jika tidak ada, maka sepeda motor Anda tidak akan bisa kemana-mana alias tidak bisa digunakan. Oleh karena itu selalu periksa ulang rantai/belt setiap hari untuk menghindari putus di tengah jalan. Lakukan perawatan rantai dengan memberikan oli atau cairan khusus untuk membuat rantai tidak kotor atau bahkan berisik ketika motor jalan.

Busi

Busi juga termasuk komponen penting, sama hal nya dengan rantai, ban, dan aki. Tanpa busi, motor sudah tentu tidak akan bisa dihidupkan. Degan busi, mesin akan melakukan pembakaran untuk membakar bahan bakar sehingga motor bisa digunakan. Usahakan untuk punya busi cadangan dibagasi motor, sehingga ketika dalam perjalanan busi mati akan bisa langsung diganti sendiri tanpa harus ke bengkel.

Karburator

Karburator jadi bagian penting dari sebuah sepeda motor. Kebersihan dari komponen ini sangat penting untuk membuat transmisi bahan bakar menjadi lancar. Tentu pengecekan karburator biasanya dilakukan ketika melakukan service baik service kecil maupun service besar.

Tali Gas

Tali gas juga tergolong penting, di mana terjadi tali gas putus atau macat ketika perjalanan akan membuat repot dan sangat berbahaya. Ini karena bisa membuat putaran mesin menjadi tidak terkendali. Perawatan berkala harus dilakukan secara berkala untuk melihat masih bagus atau tidak tali gas tersebut. Ada tanda-tanda jika tali gas bermasalah, seperti ketika menarik gas terasa macet dan kurang lancar. Baiknya jika sudah mengetahui nya akan lebih langsung mengganti dengan tali gas yang baru demi kelancaran transmisi bahan bakar.

Semoga artikel ini bisa membuat para pemilik kendaraan khususnya motor untuk lebih memperhatikan semua komponen penting, sehingga aman dan nyaman dapat dirasakan ketika berkendara di jalan raya. -apuy-

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0