Keuntungan Menggunakan Asuransi Jiwa

Risiko bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun. Karena itulah, mulai banyak yang menggunakan Asuransi Jiwa untuk menjamin masalah finansial keluarganya jika terjadi suatu risiko pada mereka. Apalagi, bagi seseorang yang bertindak sebagai tulang punggung (pencari nafkah) keluarga, tentulah hal ini sangat dibutuhkan. Saat terjadi suatu risiko yang menyebabkan peserta tidak lagi dapat mencari nafkah karena sakit ataupun meninggal, ahli waris akan mendapatkan dana santunan dalam jumlah tertentu sesuai dengan yang tertera di polis.

Asuransi jiwaBanyak masyarakat yang masih belum menyadari manfaat asuransi jiwa karena menganggap keuntungan yang didapat hanyalah uang santunan ketika mengalami risiko. Padahal, masih ada banyak keuntungan lain yang akan didapatkan oleh peserta asuransi ini. Tentu saja, keuntungan yang akan diperoleh setiap peserta asuransi akan berbeda tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi dan jenis asuransi yang dipilih oleh peserta. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat dengan menjadi peserta asuransi jiwa:

  • Uang santunan

Ini merupakan keuntungan utama menjadi peserta asuransi jiwa. Ketika peserta asuransi mengalami risiko, maka ahli waris secara sah akan mencapatkan uang santunan. Namun, jika peserta mengalami sebuah risiko yang menyebabkannya cacat tetap total atau meninggal dunia, diakibatkan oleh sesuatu yang tercantum pada polis asuransi jiwa sebagai hal yang menyebabkan klaim tidak sah (misalnya: bunuh diri, bencana alam), maka secara otomatis ahli waris tidak akan bisa mendapatkah hak atas uang santunan tersebut.

  • Asuransi penyakit kritis (tergantung jenis asuransi)

Beberapa asuransi jiwa memberikan perlindungan tambahan pada peserta asuransinya, yaitu berupa asuransi penyakit kritis. Berbagai penyakit kritis seperti kanker, jantung, dan berbagai penyakit lain tersebut akan di-cover oleh asuransi. Tentunya hal ini akan menguntungkan peserta asuransi, mengingat biaya pengobatan berbagai penyakit tersebut sangatlah tinggi dan akan sangat merepotkan keluarga bila mereka yang harus menanggung biaya pengobatannya.

  • Tabungan (tergantung jenis asuransi)

Ada jenis asuransi yang memberikan kelebihan dengan mengembalikan premi yang telah peserta bayarkan, jika sampai batas waktu tertentu peserta tidak mengalami suatu risiko. Pastinya ini akan sangat menguntungkan, karena ketika sampai pada batas waktunya kita akan mendapatkan dana dalam jumlah tertentu yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0