Standar Keamanan Helm Motor

Helm motor merupakan salah salah kelengkapan berkendara yang wajib digunakan pada saat mengendari motor. Bukan hanya sebagai pelengkap berkendara, helm memiliki fungsi yang sangat penting untuk keselamatan bila terjadi kecelakaan. Oleh karena itulah helm harus memiliki standar keamanan helm agar dapat disebut Helm Motor Terbaik untuk dapat selalu melindungi kepala kita.

standar helm motorSaat ini ada beberapa standar keamanan yang harus dimiliki helm motor seperti SNI, DOT dan SNELL yang biasa digunakan.

SNI
SNI ( Standar Nasional Indonesia ) adalah sertifikasi standar yang berlaku di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk memenuhi standar keamanan helm. Saat ini sudah ada undang – undang yang mengatur untuk penggunaan helm haruslah menggunakan yang berlogo SNI. Dan tidak sedikit pula banyak polisi yang melakukan razia dalam penggunaan helm standar ini.

DOT
DOT ( Department of Transportation ) yang dikeluarkan badan sertifikasi badan trasnsportasi dari Amerika. Helm yang memiliki standar DOT ynag telah melalui proses uji produk yang dikeluarkan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Pengunaan helm motor di Amerika diwajibkan telah memiliki sertifikasi DOT, selain itu sertifikasi DOT ini juga telah diakui dan digunakan di 50 negara besar.

SNELL
Banyak diantara kita yang belum mengetahui standarisasi helm SNELL ini. SNELL Memorial Foundation adalah sebuah lembaga yang memberikan standarisasi tertinggi untuk helm, bahkan melebihi dari DOT. Saat ini SNELL dianggap sebagai standarisasi untuk dijadikan tolak ukur sebuah kualitas helm. Lembaga ini mengeluarkan sertifikasi beberapa produk helm untuk sepeda, motor, gokart dan lainnya. Standarisasi SNELL ini juga telah diakui dan digunakan pada 50 negara besar.

Itulah beberapa standarisasi keamanan helm sepeda motor yang wajib terdapat pada helm agar dapat menjaga keselamatan para biker dalam berkendara. Jangan hanya karena takut karena di tilang polisi kita menggunakan helm, pakailah selalu helm untuk keselamatan dalam berkendara.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0