10 Negara dengan Internet Tercepat

Internet dengan kecepatan yang kencang tentunya menjadi keinginan semua orang. Apalagi di jaman yang canggih seperti ini, hampir semua kegiatan bisa dilakukan melalui online, karenanya akan sungguh membuat frustasi. Masalahnya, internet di Indonesia saat ini memiliki kecepatan yang bisa dibilang lumayan lambat bila dibandingkan dengan internet negara lain, baik di kota besar seperti Jakarta, maupun internet di kota lainnya seperti internet Tegal atau Jogja.

internet tercepat dunia

pic:xcluesiv.com

Lalu, negara mana sajakah yang memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi? Akamai Technologies, perusahaan jasa cloud di Amerika Serikat belum lama ini mengeluarkan daftar negara-negara dengan kecepatan internet terkencang pada tahun 2014. Kecepatan ini didapat dari kecepatan rata-rata tertinggi dari traffic yang melalui jaringan perusahaan tersebut. Negara-negara tersebut di antaranya:

Romania
Romania memiliki kecepatan internet rata-rata sebesar 11,8 Mbps, hampir tiga kali lipatnya kecepatan internet rata-rata secara global yang sebesar 4,6 Mbps.

Czech Republic
Menurut rangking Bloomberg, Czech Republic atau Republik Ceko masuk ke dalam peringkat ke-23 daftar negara paling inovatif. Ini mungkin berhubungan dengan kecepatan internet di negara tersebut. Menempati posisi ke-9 dengan koneksi internet tercepat, Republik Ceko memiliki internet dengan kecepatan sebesar 12,6 megabits per second. Kecepatan ini naik sebesar 12% dari kecepatan pada quarter pertaman 2014 lalu, dan sebesar 28% dari kecepatan tahun lalu.

Irlandia
Irlandia memiliki kecepatan internet rata-rata yang sama dengan Republik Ceko, yakni sebesar 12,6 Mbps.

Latvia
Luas negaranya yang kecil menjadi salah satu alasan mengapa Latvia memiliki kecepatan internet yang kencang. Kecepatan puncak internetnya mencapai 53,8 Mbps dengan kecepatan rata-ratanya sebesar 13,5 Mbps. Kecepatan ini naik sebesar 13% dibandingkan dengan kecepatan pada paruh pertama tahun 2014 lalu.

Swedia
Kampung halaman dari game online terkenal “Minecraft” ini memiliki kecepatan rata-rata internet Swedia mencapai 13,6 Mbps, kecepatan ini naik sebesar 17% dibandingkan dengan kecepatan pada paruh sebelumnya.

Belanda
Posisi Belanda sebagai negara dengan kecepatan internet terkencang naik dari posisi ke-9 di paruh pertama tahun 2014, ke posisi 5 paruh ke dua di tahun yang sama. Kecepatan internet tertingginya tercatat mencapai 53,1 Mbps, dengan kecepatan rata-ratanya mencapai 14,3 Mbps.

Jepang
Negara yang terkenal sebagai negara game ini memiliki kecepatan internet rata-rata sebesar 14,9 Mbps, dengan kecepatan puncaknya mencapai 61,5 Mbps.

Switzerland
Switzerland yang didapuk sebagai posisi ke-8 untuk negara paling inovatif ini memiliki kecepatan internet rata-rata sebesar 14,9 Mbps, dan menempati posisi ke-3 di daftar negara dengan internet tercepat. Kecepatan tertinggi koneksinya tercatat mencapai 53,1 Mbps.

Hongkong
Kecepatan internet Hongkong rata-rata tercatat sebesar 15,7 Mbps. Sementara kecepatan puncaknya, Hongkong menempati posisi nomor 1, yakni mencapai 73,9 Mbps, hampir 3 kali lipat dari keceapatan puncak secara global yang sebesar 25,4 Mbps.

Korea Selatan
Negara yang mendominasi permainan online “Starcraft” ini memang sudah terkenal dengan kecepatan internetnya yang kencang. Kecepatan rata-ratanya mencapai 24,6 Mbps. Meski, kecepatan puncaknya masih berada di bawah Hongkong, yakni 72,1 Mbps.

Penasaran dengan posisi Indonesia? Indonesia ternyata berada di posisi ke 101 secara global dengan kecepatan rata-rata sebesar 2,5 Mbps dan masih sangat jauh bila ingin mengejar Korea Selatan. Di era perkembangan teknologi yang sangat pesat ini tentunya peran penting internet sangat dibutuhkan untuk dapat mengikuti semua perkembangannya.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0