Apa itu SEO ?

Mungkin sebagian dari kita yang biasa dengan dunia online sudah mengenal apa itu SEO? SEO (Search Engine Optimization) yang dalam bahasa indonesianya adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website agar dapat muncul pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lainnya. SEO Indonesia sudah lama dan banyak dilakukan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pakar – pakar SEO di Indonesia serta banyaknya perusahaan – perusahaan yang memiliki service digital dimana Service SEO salah satunya.

Search Engine OptimizationSEO sendiri telah banyak dilakukan oleh para webmaster / pemilik website agar website mereka dapat muncul pada mesin pencarian terutama pada halaman pertama dengan cara optimasi sendiri maupun dengan Menggunakan Jasa SEO Consultant. Mesin pencarian yang biasa digunakan sebagai tujuan SEO adalah Google. Google sendiri adalah mesin pencarian yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan pengguna 96% (statcounter.com) untuk periode 1 tahun terakhir. Hal inilah yang menjadikan search engine google menjadi tujuan utama untuk proses optimasi SEO.

Lalu bagaimana cara kerja SEO ? Sebelumnya perlu kita ketahui setiap mesin pencarian baik itu Google, Yahoo, Bing dan lainnya memiliki sistem algoritma masing – masing dalam mengurutkan peringkat sebuah website dalam halaman pencariannya. Sekarang kita fokus dulu untuk search engine Google yang ini yang paling banyak digunakan. Tentunya untuk mengurutkan posisi website dalam mesin pencarian, kita perlu memasukan sebuah kata kunci atau “keyword” dalam mencari sesuatu dimesin pencarian. Search engine Google mengumpulkan semua data dan informasi website yang ada diseluruh dunia ini untuk disimpan dalam database. Pada saat kita mencari informasi dengan menggunakan keword pada halaman pencarian, search engine dengan “algoritma” nya akan mengeluarkan website – website dihalaman pencariannya.

Untuk dapat optimal dan muncul pada halaman pertama inilah SEO memegang peranan sangat penting. SEO pada dasarnya memiliki 2 dasar yaitu, Onpage dan Offpage.

  • SEO Onpage : Teknik yang optimasi SEO yang berasal dari dalam website. Hal ini mencakupi beberapa hal seperti : URL, Title, Meta description, Meta keyword, Sitemap, Robot txt, Image ALT dan lain – lainnya.
  • SEO Offpage : Yang dimaksud SEO offpage adalah adalah optimasi SEO yang berasal dari luar website. Hal utama yang menjadi teknik SEO Offpage adalah bagaimana membangun sebuah backlink dan referensi dari berbagai website, tentunya dalam hal ini haruslah menggunakan teknik yang disarankan dan diperbolehkan oleh Google atau biasa disebut Google friendly.

Itulah sekilas tentang SEO dan bagaimana SEO bekerja, dimana dengan menggunakan teknik SEO yang tepat tentunya akan membuat website kita menjadi Google friendly dan dapat teroptimasi pada halaman pertama Google.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn0