Apa sih Penyebab Perut Buncit ?

Perut buncit memang sebuah masalah yang banyak dihadapi pria maupun wanita. Rasa tidak nyaman serta berkurangnya rasa percaya diri adalah hal yang paling sering dijumpai mereka yang memiliki perut buncit. Banyak hal yang telah dilakukan untuk menghilangkan masalah ini. Hal seperti diet, olahraga, minum obat pelangsing adalah yang yang sering dilakukan. Namun sayangnya tidak semua hal dilakukan itu dapat berhasil dengan sukses pada semua orang, malah hanya mendapatkan penderitaan karena terlalu memaksakan hal diatas.

penyebab perut buncitPada dasarnya perut buncit terjadi dikarenakan berbagai macam penyebab, baik itu disadari maupun tidak kita disadari. Mungkin kita tidak menyadari banyak hal yang menjadi kebiasaan, merupakan penyebab dari perut buncit. Lalu apa saja kebiasaan yang dapat menjadi penyebab perut buncit ?

Makan / Mengemil malam hari
Makan atau mengemil pada malam hari adalah penyebab dari perut buncit. Pada saat malam hari, terutama saat tidur tubuh kita sedikit beraktifitas sehingga kalori yang masuk tidak terbakar dan menumpuk.

Jarang Olahraga
Jarang olahraga karena malas atau karena kesibukan dapat menyebabkan perut semakin buncit. Olahraga sangat bermanfaat untuk membakar kalori dan lemak pada tubuh serta perut. Dengan jarang berolahraga lemak dalam perut akan semakin menumpuk dan membuat perut buncit.

Makanan Cepat Saji / Fast food
Makanan cepat saji merupakan salah satu sumber lemak dan kalori yang tinggi, mengkonsumsi terlalu sering makanan cepat saji dapat membuat penumpukan lemak yang dapat membuat perut menjadi buncit.

Duduk terlalu lama
Hal ini selalu terjadi bagi kita yang bekerja dikantor, dimana banyak waktu kita dihabiskan sambil duduk dimeja kerja. Duduk terlalu lama, kurang bergerak dan posisi duduk yang salah (membungkuk hingga menekan perut kedepan) adalah salah satu faktor penyebab buncitnya perut.

Tidur setelah makan
Hal ini sering dilakukan, terutama bila makan yang terlalu kenyang hingga membuat kita malas dan tidur. Pada saat tidur metabolisme tubuh kita mengalami penurunan dan pencernaan pada tubuh akan menurun.

Makanan dan Minuman sumber gas
Makanan dan minumam sumber gas seperti kol, brokoli, ubi, kopi serta minuman bersoda adalah salah sumber gas yang dapat membuat perut menjadi kembung dan buncit.

Stres
Stres akan kerjaan yang menumpuk membuat kita stres, hingga membuat malas makan atau malah membuat makan menjadi semakin banyak. Hal ini dapat mempengaruhi metabolisme dan pencernaan menjadi terganggu.

Alkohol
Alkohol mengandung kalori yang sangat tinggi, sehingga membuat kerja hati semakin berat untuk menetralisirnya. Dengan demikian gula yang ada, tidak akan tersaring dengan baik dan membuatnya semakin menumpuk.

Pada dasarnya perut buncit disebabkan oleh kebiasaan kita yang kurang sehat dan teratur. Solusinya adalah mulai dengan menjalankan pola hidup sehat serta rutin berolahraga dapat mencegah perut buncit dan tentunya membuat tubuh menjadi sehat.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0