Daftar Film Biografi di Indonesia

Biografi adalah salah satu genre yang mulai sering dipilih oleh para pembuat film saat berencana memproduksi sebuah film baru. Tentunya tidak sembarang tokoh yang biografinya diangkat ke dalam layar kaca, melainkan hanya tokoh yang dianggap cukup berpengaruh pada masyarakat. Misalnya seperti biografi mantan presiden Indonesia yaitu Pak Habibie yang diangkat dalam dua film berjudul Film Rudy Habibie dan Habibie & Ainun.

Akan tetapi, jangan beranggapan bahwa tokoh yang berpengaruh haruslah tokoh yang bekerja di bidang politik atau dikenal oleh masyarakat, sebab salah satu film berikut ini mengangkat kisah seseorang yang tidak terkenal, namun cukup menginspirasi masyarakat. Jadi, apa sajakah film biografi Indonesia yang pernah diproduksi? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • film-rudy-habibieRudy Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan Pak Habibie? Mantan persiden Indonesia yang ke-3 dan satu-satunya tokoh yang pernah memproduksi sebuah pesawat di Indonesia. Setelah sukses dengan film pertamanya yang mnceritakan kisahnya dengan Ibu Ainun, MD Pictures kembali memproduksi biografi beliau. Hanya saja, untuk film kedua ini kisah yang diambil adalah cerita masa muda beliau saat kuliah. Tidak ada tokoh Ainun dalam film ini, sebab kisah percintaan dalam film ini masih seputar kisah cinta Pak Habibie dengan seorang wanita yang menjadi temannya saat masih kuliah.

  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film ini merupakan biografi dari seorang motivator yang saat ini sangat terkenal di Indonesia, yaitu Merry Riana. Dalam film ini diceritakan bagaimana perjuangan keras Merry Riana untuk bertahan hidup meskipun menghadapi masalah keuangan, padahal saat itu dia berada di luar negeri, yaitu Singapura. Merry yang hanya memiliki sedikit uang, berjuang keras untuk dapat lulus kuliah dan kemudian menjadi orang yang sukses.

  • Surat Kecil Untuk Tuhan

Tokoh yang diambil dalam film biografi ini bukanlah seorang artis, politikus, motivator atau tokoh terkenal lainnya. Namun, karena novelnya berhasil menjadi best seller maka biografi tokoh inipun diangkat dalam bentuk layar lebar. Novelnya sendiri ditulis berdasarkan dari kisah nyata tokoh yang terdapat di dalamnya. Film ini bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Gita Sesa Wanda Cantika (Keke), yaitu seorang penderita kanker Rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia. Meskipun divonis mengidap penyakit yang mematikan, Keke dan keluarganya terus berjuang untuk mencari cara agar penyakit ini dapat sembuh.

Keistimewaan dari film biografi adalah karena kisah yang ada di dalamnya berasal dari kisah nyata, sehingga membuat orang yang menontonnya dapat terhanyut di dalamnya. Proses pembuatannya juga cenderung lebih sulit karena ada lebih banyak hal yang harus diperhatikan saat menyutradarai sebuah film biografi. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa film dengan genre biografi masih diminati oleh para pecinta film. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0