Jenis dan Fungsi Alat Berat

Alat Berat sering kita temukan pada proyek – proyek atau tempat pertambangan. Alat Berat ini merupakan alat yang memiliki peranan sangat penting dalam berjalan sebuah proyek dalam mengerjakan pekerjaan yang berat. Tentunya setiap alat berat ini memiliki jenis dan fungsi yang berbeda – beda dalam penggunaan. Berikut ini Jenis dan fungsi alat berat.

jenis alat beratBulldozer
Bulldozer adalah alat berat yang yang digunakan untuk meratakan, membersihkan tanah atau lahan. Bulldozer ini memiliki satu blade yang berfungsi sebagai penggusur tanah untuk meratakannya. Bulldozer juga memiliki 2 jenis berdasarkan roda yang digunakan, bulldozer roda kelabang atau Crawler Tractor Dozer dan Bulldozer roda karet atau Wheel Tractor Dozer.

Excavator Backhoe
Excavator Backhoe atau biasa kita sebut dengan beko merupakan jenis alat berat yang digunakan untuk memindahkan material tanah ke tempat lainnya. Back hoe ini sangat berguna dalam projek pembukaan lahan karena manfaat excavator adalah menggali tanah dan memindahkan bebatuan.

Wheel Loader
Alat berat ini memiliki bentuk yang mirip dengan bulldozer. Wheel loader memiliki fungsi sebagai alat untuk memindahkan material tanah dan lainnya.

Dump Truck
Truck ini digunakan untuk memindahkan material dengan jumlah yang banyak. Biasanya truck ini ditemukan pada pertambangan – pertambangan yang digunakan untuk mengankut material tambang. Penggunaan Dump truck ini sangat bermanfaat selain muatannya yang banyak, truck ini dapat melewati medan yang rusak pada areal pertambangan.

Mobile Crane
Mobile crane adalah alat berat yang memiliki fungsi untuk memindahkan atau mengangkat bahan bangunan seperti beton, besi tulangan, batu dan material lainnya. Penggunaan mobile crane ini biasa digunakan pada proyek – proyek pembangunan gedung atau bangunan.

Tower Crane
Tower crane adalah sejenis dengan mobile crane, hanya saja menggunakan tower dan tidak dapat berpindah tempat. Fungsi tower crane ini sangat bermanfaat dalam memidahkan material bangunan menuju tempat tinggi pada pembangunan gedung tinggi. Tower crane ini sangat berguna dalam mendistribusikan bahan bangunan pada pembangunan gedung tinggi.

Penggunaan alat berat dalam proyek sangat membantu dalam terlaksananya pekerjaan proyek dengan cepat dan lebih mudah. Banyaknya jenis alat berat dan fungsinya menjadi semua alat berat ini tidak dapat dipisahkan dengan setiap adanya proyek pembangunan ataupun pertambangan.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0