Kategori Asuransi Unit Link

Mungkin masih banyak yang masih merasa asing dengan Asuransi Unit Link. Namun masih banyak nasabah asuransi yang masih belum terlalu paham mengenai asurani ini dibandingkan dengan asuransi lainnya. Asuransi Unit Link bisa juga dikatakan sebagai asuransi investasi, karena jenis produk ini mengkombinasikan 2 jenis produk keuangan yaitu asuransi dengan investasi, jadi secara tidak langsung peserta nasabah asuransi ini tidak hanya mendapatkan perlindungan asuransi saja tetapi juga bisa sekaligus berinvestasi. Namun sama seperti investasi pada umumnya, investasi melalui produk inipun juga memiliki beberapa risiko kerugian, karena itulah penting untuk mencermati terlebih dahulu sebelum memutuskan produk asuransi unit link mana yang akan diambil untuk menjamin masa depan.

asuransi unit linkMemilih asuransi unit link bisa dilakukan dengan berdasarkan pada penempatan dana investasinya, unit link dapat dibedakan menjadi 4 kategori dasar, yaitu:

• Cash Fund Unit Link
Investasi ini sangat sesuai bagi investor dengan tipe konservatif. Untuk investor tipe ini biasanya akan cenderung menghindari risiko, lebih memilih jenis investasi yang aman dan memiliki risiko paling rendah. Pada jenis ini dana investasi akan di tempatkan pada berbagai instrument pasar uang, seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, dan surat uang dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

• Fixed Income Fund Unit Link
Pada produk investasi ini sebagian besar dana investasi milik nasabah akan ditanam pada surat hutang dan hanya sebagian kecil yang ditanam di pasar saham, dengan perbandingan secara umum 80% atau lebih ditempatkan pada surat hutang dan sisanya di pasar saham. Produk investasi ini menawarkan tingkat keuntungan yang lebih stabil, sesuai bagi investor dengan tipe konservatif.

• Managed Fund Unit Link
Produk ini menanamkan dana investasi nasabah diberbagai tempat, seperti obligasi, saham, dan pasar uang. Produk ini tepat bagi investor yang menginginkan hasil investasi besar dengan jangka waktu yang panjang. Investasi ini sesuai dengan investor tipe moderat, yang berani mengambil risiko lebih tinggi asalkan hasil investasi yang didapat senilai.

• Equity Fund Unit Link
Pada investasi ini dana investasi nasabah akan ditempatkan di saham. Investasi ini sesuai dengan investor tipe agresif yang berani untuk mengambil risiko tinggi dengan mengharapkan nilai investasi yang besar.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0