Lakukan Perawatan Pada Tangki Pemanas Air

Mandi dengan air hangat menjadi hal yang sangat menyenangkan terutama ketika cuaca sedang dingin seperti pada saat musim hujan. Agar lebih praktis, banyak orang menggunakan Pemanas Air atau yang sering disingkat dengan WH (Water Heater) untuk memenuhi kebutuhan air hangatnya untuk mandi. WH memiliki beberapa pilihan yang bisa dipilih, berdasarkan sumber tenaga untuk memanaskan airnya dan berdasarkan pada kapasitas air.

tangki water heaterBerdasarkan pada sumber panasnya WH dapat di bagi menjadi WH Gas, WH Listrik, water heater tenaga surya atau yang sering disebut dengan Solar Water Heater dan saat ini mulai dikembangkan WH tenaga AC. Jika didasarkan pada kapasitas air, maka WH dapat dibedakan menjadi WH dengan tangki water heater dan tanpa tangki (Tankless). WH dengan tangki memiliki tangki berukuran cukup besar dan berfungsi untuk menyimpan cadangan air. Air dalam tangki ini akan terus mengalami proses pemanasan, sehingga kapanpun dibutuhkan air panas akan selalu tersedia. Sementara WH Tankless tidak memiliki tangki untuk menyimpan cadangan air, kalaupun ada tangkinya biasanya berukuran kecil dan hanya digunakan untuk penyimpanan air sementara saat proses pemanasan. WH jenis ini biasanya membutuhkan waktu cukup lama sebelum air panas tersedia.

Pada WH yang memiliki tangki, bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting dan harus selalu diperhatikan perawatannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan agar tangki dapat bekerja dengan baik adalah:

• Pasang saringan pada aliran air yang akan masuk kedalam tangki. Saringan ini berfungsi untuk menahan berbagai partikel kecil yang mungkin terkandung dalam air agar tidak masuk ke dalam tangki. Dengan begini air yang masuk kedalam tangki akan benar-benar bersih.

• Lakukan pembersihan terhadap tangki secara berkala. Walaupun air telah disaring, namun bukan berarti tangki selalu berada dalam kondisi bersih, karena itu proses pembersihan tetap harus dilakukan. Caranya cukup mudah, yang pertama harus dilakukan adalah pastikan seluruh sumber listrik telah terlepas, dan hentikan aliran air ke WH. Lepaskan WH dari tempatnya dan kosongkan air di tangki penyimpanan. Pastikan tangki dan pipa benar-benar kering, kemudia segera alirkan air dingin yang cukup deras ke tangki, aliran air yang datang tiba-tiba ini akan mengikis dan membersihkan tumpukan residu logam pada WH. Biarkan air mengisi hingga ½, kemudian keluarkan. Ulangi prosesnya berulang kali. Setelah selesai, pasang kembali semua komponen WH.

Dengan tindakan perawatan pada tangki pemanas air secara rutin, maka tangki pemanas air bisa bertahan lebih lama dan membuat mandi air hangat pun kini menjadi lebih cepat dan mudah. (Yv)

Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0