Makanan Pencegah Penyakit Jantung

Hingga saat ini penyakit jantung adalah penyakit yang menempati posisi pertama sebagai penyakit pembunuh didunia. Sepertiga dari penderita penyakit jantung biasanya meninggal karena penyakit ini dan membunuh setiap menitnya diseluruh dunia. Penangannnya yang sulit dan membutuhkan dokter Spesialis Jantung membuat penyakit ini sangat mahal dalam pengobatannya. Bahkan lembaga riset di Amerika Serikat mengungkapkan dana yang dihabiskan untuk pengobatan penyakit jantung ini mencapai US$ 600 Milyar.

makanan pencegah penyakit jantungSaat ini banyak warga negara Indonesia yang justru Memilih Berobat ke Luar Negeri seperti ke Singapura, Malaysia, bahkan Amerika Serikat. Ini dilakukan karena banyak dokter spesialis jantung yang justru direkomendasi oleh dokter-dokter yang ada di Indonesia. Di samping pelayanannya yang memuaskan, canggihnya alat-alat medis yang ada di rumah sakit luar negeri juga menjadi alasan mengapa lebih memilih berobat ke luar negeri.

Padahal yang menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak terkena penyakit ini. Pola hidup hidup dan makanan yang sehat yang dapat mencegah penyakit jantung perlu dikonsumsi dari saat kini. Berikut ini beberapa makanan pencegah penyakit jantung yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan jantung.

Bawang Putih
kandungan allicin dan aliin pada bawang putih memiliki manfaat sebagai anti kolesterol dan mencegah penyakit jantung. bawang putih juga dapat merangsang produksi oksida nitrat pada lapisan dinding pembuluh darah, sehingga dapat menjaga kelenturan pembuluh darah.

Ikan
Ikan merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung, terutama pada ikan yang memiliki kandungan omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, lele, patin, serta belut. Omega 3 pada ikan memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol VLDL, dan meningkatkan kolesterol HDL yang dapat mencegah dan mengurangi timbunan plak pada pembuluh arteri pada jantung.

Delima
Zat Kalium dan Zat Antioksidan yang terkandung pada buah delima sangat baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Buah delima mampu memproteksi jantung dari ancamana kolesterol yang tinggi serta dapat memperkuat pembuluh darah arteri.

Kacang – kacangan
Kacangan – kacangan memiliki banyak jenis, dan semua itu baik untuk kesehatan jantung. Omega 3, lemak tak jenuh, serat, Vit A dan L-arginine semua itu merupakan zat yang bermanfaat untuk menjaga dan mencegah penyakit jantung.

Itulah beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit jantung. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam merawat kesehatan jantung adalah pola hidup yang sehat.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0