Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan

Teknologi sekarang telah mempermudah manusia dalam kesehariannya. Water heater adalah salah satu contoh teknologi yang mempermudah kehidupan manusia. Namun, alat ini umumnya hanya digunakan untuk keperluan mandi saja. Hal ini wajar, karena kualitas air yang keluar dari alat ini belum tentu tidak mengandung zat yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Apalagi, jika alat ini mulai menunjukkan beberapa tanda kecil kerusakan pada water heater. Karena itulah, untuk air panas yang dimanfaatkan untuk air minum biasanya akan dipanaskan secara manual di atas kompor, ataupun menggunakan dispenser.

air hangatMemang cukup banyak orang yang memiliki kebiasaan minum dengan air hangat. Hal ini wajar, karena minum air hangat ini memiliki beberapa manfaat baik untuk tubuh kita.

  • Menghilangkan racun dalam tubuh

Banyak dokter yang menyarankan untuk meminum air hangat setiap pagi setelah bangun tidur, tapi jangan terlalu panas. Air hangat lebih ampuh dalam membantu metabolism badan menghilangkan racun dibanding air dingin. Sebagai tambahan, kita bisa juga menambahkan lemon dan madu.

  • Menyembuhkan flu dan menghilangkan rasa sakit di tenggorokan

Air hangat membantu mengencerkan ingus yang tersangkut di dalam hidung, serta melegakan tenggorokan yang sakit, entah karena flu, ataupun batuk-batuk.

  • Membantu pencernaan

Dengan melonggarkan daerah pencernaan dan melunakkan zat-zat yang mengeras karena air dingin, air panas dapat membantu pencernaan. Bagi yang memiliki kesulitan dalam pencernaan disarankan untuk selalu mengkonsumsi air hangat, hal ini juga disarankan untuk mereka yang merasakan sakit perut.

  • Membantu mengurangi berat badan

Air hangat merangsang metabolisme tubuh, dan hal ini bagus untuk mengurangi berat badan. Metabolisme berfungsi dengan membakar lemak yang ada di tubuh, termasuk lemak buruk yang mengendap di seluruh tubuh.

  • Mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Kehangatan dari air hangat akan melemaskan otot abdomen sehingga mengurangi rasa sakit yang dirasakan saat menstruasi.

  • Sangat baik untuk kulit

Memberikan efek anti-penuaan, menyehatkan kulit, hingga menghilangkan akar utama infeksi kulit, merupakan salah satu dari banyak manfaat untuk kulit yang didapat dari air hangat. Air hangat membawa  zat-zat merugikan dan mengobati sel-sel kulit yang rusak karena radiasi ataupun hal lain, selain itu air hangat juga menjauhkan kulit dari dehidrasi. Air hangat juga telah terbukti mampu mengurangi potensi jerawat dan bisul. (RR)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0