Perbedaan Wireless Access Point dengan Wireless Router

Pernah dengar tentang Wireless Access Point dan Wireless Router? Meskipun sama-sama wireless, ternyata keduanya memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya, lho. Jadi, sebelum kamu terburu-buru membeli wireless router atau mencari tempat jual access point, ada baiknya kamu kenali dulu dua jenis perangkat ini agar tidak salah ketika membelinya. Jadi, apa ya perbedaan antara wireless access point dengan wireless router? Berikut cuplikannya.

wireless routerTidak banyak yang tahu bahwa sebelum wireless router populer dan digunakan oleh masyarakat luas, ternyata wireless access point sudah terlebih dahulu hadir, lho. Wireless router sendiri merupakan pengembangan lanjutan dari wireless access point di mana perangkat ini dapat berfungsi pula sebagai router. Wireless access point merupakan penghubung wireless dengan perangkat elektronik lain yang terhubung dalam jaringan.

  1. Wireless router dilengkapi dengan kemampuan untuk routing sementara wireless access point tidak. Namun di luar fitur ini, keduanya berfungsi sebagai penghubung
  2. Wireless router memiliki fitur network address translation sementara wireless access point tidak memilikinya.
  3. Wireless router dapat menyambungkan modem ke wifi router sehingga wireless yang terhubung dalam jaringan bisa langsung tersambung dengan internet. Sebelum kehadiran wireless router, modem hanya bisa digunakan jika tersambung langsung dengan perangkat yang digunakan.
  4. Wireless acccess point tidak memiliki fungsi bandwith control karena fitur ini hanya dimiliki oleh wireless router.
  5. Wireless access point hanya berfungsi sebagai hub atau switch Perangkat ini pun mampu untuk mendistribusikan alamat IP ke wireless klien secata otomatis. Sementara itu, wireless access point mampu bertindak sebagai DHCP server.

Jika dilihat-lihat, perbedaan antara wireless access point dan wireless router terletak pada fiturnya saja, ya. Wireless access point memiliki fitur yang lebih terbatas sementara wireless router memiliki fitur yang lebih luas. Hal ini tak terlepas pula dari statusnya, di mana wireless router merupakan pengembangan dari wireless access point. Namun demikian, jika kamu tidak membutuhkan wireless router dengan berbagai fitur maka wireless access point bisa dijadikan pilihan. Saran terakhir adalah jika kamu sudah menggunakan wireless router dan penyebaran Wifi masih kurang, coba perhatikan pemilihan lokasi untuk menaruh router karena lokasi penentukan penyebaran Wifi merata atau tidak. Semoga membantu 😀

Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn0