Tips Membeli Alat Berat Bekas

Sama seperti mobil atau kendaraan bermotor lainnya, beberapa perusahaan juga ada yang jual alat berat bekas. Meski bekas, namun bila kita pintar dalam memilihnya, kita bisa menemukan alat berat dalam kondisi yang prima namun dengan harga yang sangat miring. Tidak heran banyak kontraktor yang mencari memilih untuk membeli mesin berat bekas ini, terutama mereka yang terbentur masalah budget. Selain kontraktor, berbagai petani pun mencari alat berat untuk pertanian. Nah, agar bisa mendapatkan mesin berat bekas dengan kondisi yang prima, berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

alat berat bekasLihat keadaan fisik mesin
Keadaan fisik mesin bisa menjadi indikator kualitas dari mesin serta bagaimana mesin tersebut dirawat sebelumnya. Saat melihat kondisi luar dari mesin ini perhatikan beberapa hal berikut:
• Apakah fisik mesin masih dalam kondisi bagus, mulus, dan rapih atau malah kotor dan tidak mulus lagi?
• Apakah ada kerusakan yang terlihat jelas?
• Apakah mesin terlihat sudah dicat kembali, bila iya tanyakanlah sebabnya.
• Lihat apakah ada bekas oli bocor?
Pastikan juga apakah bentuk mesin sama dengan bentuk yang pabrikan, ini untuk menghindari adanya modifikasi yang dilakukan oleh penjual.

Lakukan test drive alat berat
Jangan hanya berhenti mengecek kondisi fisik, lakukanlah test drive untuk memastikan performa mesin. Langkah melakukan test drive ini sebagai berikut:
• Hidupkan mesin dan dengar bagaimana bunyinya.
• Operasikan alat berat dengan berbagai kombinasi gerakan yang dapat dilakukan alat tersebut.

Cek di bawah alat
Jangan lupa untuk melihat kondisi di bawah hood alat berat tersebut. Kondisi di bawah hood ini bisa menjadi indikasi dari masalah mesin. Misalnya saja bekas oli bocor yang bisa kita lihat di bawah hood atau di sekitar mesin. Oli bocor ini bisa mempengaruhi transmisi mesin.

Merek
Merek mesin berpengaruh pada kenyamanan operasi dan kualitas mesin. Jadi bila sudah terbiasa untuk mengoperasikan atau menggunakan mesin dengan merek tertentu, sebaiknya cari juga merek sejenis tersebut. Dengan begitu tidak diperlukan lagi penyesuaian pengoperasian yang bisa menghambat pekerjaan.

Minta pendapat ahli
Bila masih tidak yakin dengan pilihan alat, maka mintalah pendapata atau konsultasikan dengan orang lain yang paham dengan teknis-teknsi alat berat tersebut.
Semoga tips tadi membantu pemilihan alat berat bekas. (raw)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0