Hal Penting Sebelum Mengoperasikan Compact Excavator

Compact excavator, atau sering juga disebut sebagai mini excavator adalah sebuah alat berat yang memiliki fungsi sama dengan excavator hanya saja memiliki ukuran yang lebih kecil. Meskipun menggunakan spare part alat berat Komatsu yang berukuran kecil, namun alat ini tetap tidak bisa diremehkan. Apalagi, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh alat berat mini ini dibandingkan dengan excavator berukuran biasa. Misalnya saja seperti mudahnya dalam pengoperasian, lebih stabil, hemat biaya, dan beberapa kelebihan lainnya. Hal-hal inilah yang membuat operator excavator yang sempat menganggap compact excavator ini sebagai alat berat mainan akhirnya mengakui eksistensinya.

Compact Excavator KomatsuKelebihan lain yang dimiliki oleh alat berat ini yaitu, cenderung lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan excavator berukuran biasa, atau sering disebut standard excavator. Meskipun begitu, tetap saja ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum mengoperasikan alat berat ini. Berikut ini adalah beberapa langkah dasarnya yang diambil dari wikihow:

  • Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membaca buku petunjuk yang disediakan. Pahami seluruh instruksi yang terdapat didalamnya. Meskipun ini bukan pertama kalinya Anda mengoperasikan alat berat sejenis, namun ketika berganti brand kemungkinan akan ada sesuatu yang berbeda. Misalnya seperti lokasi dari setiap kontrolnya.
  • Perhatikan label peringatan dan stiker yang tertempel pada bagian sekitar mesin. Dalam label ini Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai pemeliharaan, grafik spesifikasi, dan berbagai informasi lainnya.
  • Cobalah operasikan mesin di area yang datar dan stabil terlebih dahulu. Compact excavator memanglah lebih stabil dibandingkan dengan standard excavator, namun tetap saja alat ini dapat terbalik. Jadi akan lebih baik jika Anda membiaasakan diri dulu di permukaan yang datar.
  • Setelah melakukan percobaan pengoperasian, perhatikan mesin dan area sekitar. Cek lah apakah terdapat kebocoran minyak atau cairan lainnya pada saat alat ini sedang dioperasikan. Kemudian, periksa juga apakah terdapat masalah pada bagian mesin. Misalnya adanya bagian yang bocor, longgar, atau rusak, yang dapat berbahaya saat alat sedang beroperasi. Selain itu, periksa pula lokasi keberadaan tabung pemadam kebakaran, sebagai penjagaan ketika suatu saat terjadi hal yang tidak diharapkan. Pemeriksaan ini penting dilakukan meskipun alat berat selalu mengikuti program pemeriksaan mesin dari United Tractors.

Semoga dengan mengikuti langkah di atas, pengoperasian alat berat dapat berjalan dengan lancar dan aman. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0