Jangan Menggunakan Parfum Berlebihan

Semua orang pasti ingin tubuhnya selalu wangi dan segar sepanjang hari. Demi mendapatkannya, banyak orang yang bahkan rela untuk menggunakan parfum dengan harga mahal yang di klaim dapat bertahan lama. Atau bagi yang memiliki budget terbatas, menggunakan Parfum Murah dengan jumlah lebih banyak dengan harapan aroma wanginya dapat bertahan lama sehingga membuatnya segar dan wangi sepanjang hari.

waspada parfumParfum yang original biasanya mengandung konsentrat wewangian sangat tinggi dan hanya sedikit mengandung alkohol, karena itulah aromanya sangat kuat dan dapat bertahan 2 sampai 3 hari karena tidak mudah menguap. Sementara pada parfum dengan harga murah, biasanya perbandingan konsentrat wewangian dan alkoholnya berbeda, tingkat alkoholnya akan lebih tinggi dibanding parfum original. Karena itulah terkadang pada awal pemakaian aroma wanginya akan sangat tercium oleh orang-orang disekitarnya, namun tidak bertahal lama karena akan segera menguap dalam waktu beberapa jam.

Karena itulah, banyak yang berfikir bahwa dengan menyemprotkan parfum mereka dengan jumlah yang banyak akan dapat membuat aromanya bertahan, padahal pemikiran itu sangat salah. Sebanyak apapun parfum murah yang digunakan, aromanya tetap tidak akan bertahan lama dan justru dapat membuat orang-orang yang berada disekitarnya merasa terganggu akibat aroma yang menyengat. Apalagi jika ternyata parfum tersebut di buat dari bahan-bahan yang tidak aman, dapat berdampak pada kesehatan pemakai parfum dan orang disekitarnya.

Bagi orang yang mencium aroma parfum yang berlebihan dapat beresiko terkena penyakit asma atau gangguan pernafasan lainnya akibat terjadinya peradangan dan sumbatan pada saluran pernafasan. Bahkan aroma menyengat ini dapat memicu terjadinya kanker, karena aroma parfum setelah terhirup secara langsung menuju otak. Dan bagi pemakainya, menggunakan parfum tidak hanya berdampak pada penyakit pernafasan yang dapat menyerang saja, tetapi juga alergi kulit yang mungkin timbul, terutama pada orang yang memiliki kulit sensitif.

Tidak hanya itu saja, penggunaan parfum secara berlebihan dapat berdampak negatif bagi kondisi lingkungan. Kandungan CFC (Chloro Fluoro Carbon) pada parfum dapat merusak lapisan ozon, karena CFC merupakan suatu zat kimia yang dapat merubah ozon menjadi oksigen. Jadi untuk mencegah berbagai efek negatif tersebut, akan lebih baik jika kita menggunakan parfum dalam jumlah yang wajar. Untuk menghindari resiko-resiko tersebut, kita bisa menggunakan parfum sesuai dengan kebutuhan dan jika perlu dan memungkinkan untuk membuat parfum murah sendiri. Memang ribet seh, namun selama kita tahu proses dan bahan apa saja yang dibutuhkan tentu hal ini menjadi mudah untuk dilakukan. (Yv)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0