Mendidik Kebiasaan Baik Pada Anak Sejak Kecil

Pasti kita sering mendengar orangtua yang mengatakan “udah biarin aja, masih kecil ini. Nanti kalau udah besar juga ngerti.” Biasanya, kalimat ini diucapkan oleh orangtua ketika menemukan anaknya melakukan suatu kesalahan, dan memilih untuk memakluminya karena usianya yang masih kecil. Padahal, banyak juga loh konsultasi anak online yang berkali-kali mengingatkan pada orangtua, bahwa mendidik kebiasaan baik pada anak itu harus sejak dini dan bukan ketika anak sudah dewasa. Mengapa hal ini begitu penting? Yuks kita bahas bersama.

mendidik anak

pic:wisieforkids.com

Ketika anak memasuki usia satu tahun, anak akan mulai menyerap berbagai hal yang ada disekitarnya. Entah apakah hal tersebut baik ataupun buruk. Saat seperti inilah yang akan sangat menentukan sifat, sikap, perilaku dan kebiasaan anak kedepannya. Misalnya saja, ketika anak membuang sampah sembarangan dan kita membiarkannya begitu saja, maka anak akan berfikir bahwa hal tersebut adalah baik dan boleh untuk dilakukan. Akibatnya, kebiasaan ini akan bisa terbawa hingga anak dewasa. Hal inilah yang terkadang tidak disadari oleh orangtua.

Ada beberapa kebiasaan baik yang sebaiknya diajarkan pada anak sejak dini, antara lain:

  • Sopan santun

Pernah melihat anak yang berkata tidak sopan pada orangtuanya atau orang dewasa di sekitarnya? Hmm… jangan langsung menilai anak tersebut salah loh, karena bisa saja hal ini memang hasil dari didikan orangtua atau kondisi lingkungan sekitarnya. Ketika anak mulai bicara bicara, anak akan seperti burung beo yang mengikuti kata-kata orang di sekitarnya. Karena itulah, orangtua harus langsung menyaring kata apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan anak. Jangan pernah merasa lucu ketika anak mengatakan kata-kata kasar, atau dengan nada yang keras pada orang disekitarnya. Sebaiknya, segera berikan nasihat pada anak dan berilah contoh cara bicara yang baik dan sopan.

  • Berbagi

Mengajarkan anak untuk mau berbagi dengan orang lain akan membuat anak lebih bisa berbelas kasih pada orang lain, dan menghindarkan anak dari sifat egois. Pada beberapa anak tidak mudah untuk mengajarkan hal ini, apalagi jika anak diminta untuk memberikan sesuatu yang disukainya pada oranglain. Karena itulah, orangtua harus ekstra sabar saat melakukannya.

  • Menjaga kebersihan

Tanamkan hal ini pada anak sejak dini. Ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, sejak anak mulai bisa berjalan dan mengerti apa yang orangtua ucapkan. Jika kebiasaan ini sudah tertanam pada anak, maka anak akan merasa risih jika disuruh membuang sampah sembarangan, dan lebih memilih untuk menyimpan sampahnya dulu, untuk dibuang nanti ketika menemukan tempat sampah.

Selain berbagai kebiasaan baik ini, ada hal lain yang juga perlu dilatih sejak dini, yaitu mengatasi ketakutan anak pada dokter. Mengatasi masalah ini akan membuat orangtua mudah untuk mengajak anak ke dokter disaat anak sedang sakit, dan kebiasaan ini juga akan terus berlanjut hingga dewasa. Namun, jika anak dibiarkan takut dengan dokter, hingga dewasa nanti rasa takut ini akan terus terbawa juga. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0