Pemanas Air Tenaga Matahari

Energi matahari adalah energi yang berupa panas yang dihasilkan dari cahaya matahari dan dikonversikan untuk menjadi energi. Tahukah Anda bahwa sekarang ini energi surya atau energi matahari telah banyak dimanfaatkan untuk mempermudah manusia dalam mendapatkan energi? Saat ini, energi matahari sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai alat rumah tangga, salah satunya adalah pemanas air. Produksi pemanas air tenaga matahari ini sudah banyak dilakukan di berbagai negara.

pemanas air tenaga matahariPemanas air bisa berfungsi dengan menggunakan berbagai pilihan energi. Mulai dari pemanas air tenaga listrik, pemanas air tenaga gas, dan juga pemanas air tenaga matahari. Pemanas air tenaga matahari atau yang juga dikenal sebagai solar water heater system ini memanfaatkan sumber energi matahari sebagai energinya. Pemanas air jenis itu harus diletakkan di tempat yang langsung bersentuhan dengan matahari, misalnya di atas atap rumah atau bahkan di atas genteng. Dengan demikian, solar panel yang ada akan mampu menyerap matahari sehingga dapat memanaskan air yang bersikulasi di dalam pipa. Tentunya, karena menggunakan energi matahari, pemanas air ini sangat ramah lingkungan. Sebab, hasil pemanasnya ini tidak menghasilkan senyawa lain yang bisa berbahaya bagi bumi.

Meski aman (karena risiko tersengat arus listrik sangat minim), pemanas air ini sangat bergantung pada banyaknya cahaya matahari yang bisa diserap untuk memanaskan air. Jadi, ketika hari mendung dan matahari tertutup awan, maka energi yang diserap pun akan semakin berkurang. Sisi positifnya, ketika matahari bersinar dengan teriknya, solar panel yang ada di atap rumah Anda akan menyerap matahari sebanyak mungkin untuk dijadikan energi.

Dari sisi ekonomis, pemanas air tenaga matahari ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi jauh lebih sedikit sebab Anda tidak memerlukan energi listrik untuk mengoperasikannya. Ditambah lagi, posisi Indonesia yang dikenal sebagai negara beriklim tropis membuat matahari akan terus menyinari bumi dan bisa dimanfaatkan sinarnya. Dengan demikian, jika Anda ingin melakukan penghematan dengan memangkas penggunaan energi listrik, Anda bisa mulai menggunakan pemanas air energi matahari ini untuk menghangatkan air di rumah Anda.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest1Share on LinkedIn0